Gagas Gerakan Pejuang K3, Camat Ini Rogoh Kocek Pribadi


PADANG - Camat Padang Utara Editiawarman menggagas Gerakan Pejuang K3 di wilayahnya. Demi mewujudkan gerakan tersebut, Camat Editiawarman rela merogoh kocek pribadinya untuk pembelian mesin pemotong rumput berikut membiayai bahan bakarnya.
"Walaupun tidak ada anggarannya, saya menggunakan dana pribadi untuk pembelian mesin pemotong rumput. Yang penting ada kemauan dari warga untuk peduli terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan, " kata Edi, panggilan akrabnya, saat ditemui di kantornya, Kamis (15/9).
Gerakan tersebut dimulai dengan memotivasi warga untuk lebih peduli kebersihan dan keindahan lingkinga. Kemudian mendorong warga agar ada yang mau menjadi relawan dan disediakan peralatan pemotong rumput berikut bahan bakarnya.
Menurut Edi, dirinya ingin mewujudkan Padang Utara yang bersih dan indah. Sejalan dengan program Padang Bersih yang dicanangkan Pemko Padang.
"Semua itu dimulai dengan menumbuhkan kepedulian warga," ujarnya.
Untuk itu, ia berharap gagasan Gerakan Pejuang K3 Padang Utara disikapi positif oleh para lurah dan perangkat kecamatan lainnya.
Adapun 1 unit alat pemotong rumput yang dibelinya akan dioperasikan oleh relawan di Kelurahan Gunung Pangilun. Secara bertahap, semua kelurahan di Padang Utara akan diberi juga alat yang sama.
"Masing-masing kelurahan, secara bertahap akan memiliki mesin pemotong rumput yang dioperasikan oleh relawan, " sebutnya.
Relawan operator mesin pemotong rumput itu nantinya setiap hari akan membersihkan gulma dan semak-semak yang ada di lingkungan kelurahan tanpa dibayar. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan ada warga yang bersedia memberi bantuan operasional bagi relawan tersebut.

"Jika ada warga yang berniat memberi operatornya semacam uang lelah, itu rezkinya, " tukuk Edi. (DU)