Berprestasi di Tingkat Nasional, SD Percobaan Diapresiasi Wawako

BETRANS PADANG – Wakil Walikota Padang, H. Emzalmi memberikan apresiasi bagi SD Negeri Percobaan Padang, sekaitan keberhasilan sekolah tersebut meraih juara dua pada Lomba Budaya Mutu Pembelajaran Sekolah Dasar Negeri tingkat nasional ke-3 tahun 2016 baru-baru ini. Apresiasi dan ucapan selamat disampaikan Wawako sewaktu mendatangi SD yang berada di jalan Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat tersebut, Jumat (21/10).
“Atas nama Pemerintah Kota Padang, kita mengucapkan selamat kepada keluarga besar SD Percobaan. Prestasi ini cukup membanggakan,” imbuh Emzalmi sembari menyaksikan langsung berbagai kemampuan berkarakter dari para murid melalui kegiatan Dakwah Mentari Pagi yang rutin diadakan tiap Jumat di SD tersebut.
Dikatakan Wawako, terkait pendidikan berkarakter, merupakan sebuah keharusan bagi tiap sekolah dikarenakan ada Undang-Undang (UU) yang mengaturnya. Dimana di dalam UU Pendidikan mengatakan, memberikan pendidikan yang bermutu itu diawali atau dilengkapi dengan pendidikan yang berbudaya mutu bagi anak-anak yang berkarakter.
'Kita berharap, apa yang sudah dilakukan di SDN Percobaan ini dapat juga di contoh SD lainnya di Padang. Karena tidak ada yang terlambat sepanjang itu kita laksanakan dengan sungguh-sungguh,” tukas Wawako seraya memotivasi.
Sementara itu Kepala Sekolah (Kepsek) SDN Percobaan, Indra Gustadi menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung baik moril maupun materil bagi SD Percobaan selama ini. Khususnya baru-baru ini dalam menghantarkan meraih juara dua dalam lomba tingkat nasional di tahun ini.
"Terima kasih kita sampaikan terutama kepada para murid, majelis guru, orang tua, komite sekolah serta Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pendidikan. Sehingga, kita mampu meraih juara dua dalam Lomba Budaya Mutu Pembelajaran Sekolah Dasar Negeri tingkat nasional di tahun ini,” ucap Indra.
Indra menyebutkan, setelah meraih prestasi tersebut, pihak sekolah akan senantiasa terus berupaya melakukan inovasi secara berkelanjutan. Hal itu tidak lain demi meningkatkan mutu pendidikan termasuk pendidikan berkarakter bagi para siswa/siswi di SD Percobaan.
"Keberhasilan kita dalam lomba ini diawali dari penilaian di tingkat kota yang dilanjutkan ke tingkat provinsi. Alhamdulillah, SD Percobaan terpilih mewakili Sumatera Barat mengikuti grand final penilaian di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Acara ini dilaksanakan 11-15 Oktober 2016 lalu dengan diikuti sebanyak 56 SD dari 31 provinsi se-Indonesia,” sebutnya.
Kepsek tersebut menjelaskan, terkait pelaksanaan pendidikan berkarakter di SD Percobaan diantaranya melaksanakan kegiatan pembelajaran. Kegiatan ini tidak saja membentuk kecerdasan secara intelektual, namun terutama bagaimana bisa menerapkan nilai-nilai karakter bagi anak-anak.
Selanjutnya kegiatan pembiasaan. Kegiatan ini berupa kegiatan pembiasaan harian misalnya seperti dari pagi awal anak-anak datang ke sekolah, guru menyambut di depan kantor dan saling bersalaman dengan membudayakan 5S (sapa, senyum, salam, sopan, santun).
“Kegiatan pembiasaan ini diantaranya juga ada tadarus Quran, gerakan membaca 15 menit, lalu shalat Dhuha dan shalat Zuhur secara berjamaah di sekolah. Kemudian selain itu juga ada senam pagi, pramuka dan tiap Jumat pagi mengadakan kegiatan keagamaan yang dinamakan Dakwah Mentari Pagi,” urainya. (**)