Bank Nagari Launching Kur Mikro dan Kur Ritel


BETRANS Padang.com – Metro Padang.com – Bank Nagari Kembali ditunjuk pemerintah sebagai bank penyalur  KUR mulai September 2016. Sektor usaha  yang dapat dibiayai untuk sementara hanya sector pertanian , perternakan dan perikanan  dengan target penyaluran  mencapai Rp. 100 Miliar . Rinciannya , Kur Mikro Rp 25  miliar dan Kur Ritel Rp 75 miliarkKeberadaan Bank Nagari  memberikan kontribusi dan berdampak positif terhadap pembangunan Sumatera Barat, untuk itu Bank Nagari harus berkontribusilebih besar.hal ini dikatakan Dirut Utama Bank Nagari Dedy Ihsan saat sosialisasi Program Tranformasi BPD.

Bank Nagari menilai kuota Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Sumbar tahun 2016 sebesar Rp100 miliar dirasa masih kurang. Sangat banyak masyarakat Sumbar yang membutuhkan KUR ini. Jumlah Rp100 miliar ini rasanya masih kurang," kata Direktur Utama Bank Nagari Dedy Ihsan usai peluncuran KUR di Padang, Selasa.

Ia mengatakan pihaknya baru aktif menyalurkan KUR pada minggu ketiga September dan sekarang telah tersalur Rp8,7 miliar. Dalam dua bulan ke depan, kita optimis anggaran sebesar Rp100 miliar yang dipercayakan akan tersalur seluruhnya.

"Kita memiliki 34 cabang pada 19 kabupaten dan kota di Sumbar. Masing-masing cabang siap untuk menyalurkan KUR," ujarnya.Meski waktu hingga akhir tahun sudah sangat mepet, tetapi dalam hal penyaluran Bank Nagari menurut Dedy tetap selektif dalam memberikan KUR pada masyarakat.

"Proposal yang disetujui untuk KUR ini dipastikan adalah yang memenuhi syarat dan tidak sedang tersangkut dengan lembaga pembiayaan lain," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Kredit Bank Nagari, Hendri mengatakan, penyaluran KUR untuk Sumbar yang dilaksanakan Bank Nagari dibatasi hanya untuk sektor pertanian, peternakan, dan perikanan. 
"Kalau untuk KUR mikro, plafond pinjamannya maksimal Rp25 juta, sedangkan KUR ritel Rp25 juta ¿ Rp500 juta. Bunga KUR 9 persen," paparnya.

Hendri yakin KUR akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan usaha masyarakat yang muaranya mendorong pertumbuhan ekonomi, sehingga di tahun depan bisa diperjuangkan kembali untuk mendapat kuota KUR. 

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memberikan apresiasinya pada Bank Nagari yang menunjukkan komitmennya dalam penyaluran KUR hingga akhirnya dipercaya pemerintah sebagai bank penyalur.Kepercayaan ini harus dijawab dengan penyaluran yang profesional," katanya.(***)