Alek Nagari Dayung Palinggam Festival 2 Resmi Di Buka, Walikota Padang Di Sambut Tari Tradisional


BETRANS PADANG_-Alek  Nagari Dayung palinggam Resmi di Buka walikota padang yang sudah menjadi  Agenda Kalender  pariwisata Kota Padang
Hal tersebut disampaikan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah dalam sambutannya ketika membuka secara resmi Palinggam Dayung Festival 2 di Sungai Batang Arau Palinggam Muara Padang Kamis pagi ( 1/12 ).

Dayung Palinggam  Festival  dikenal sebagai Alek Anak Nagari Palinggam Kecamatan Padang Selatan Kota Padang tersebut merupakan salah satu bentuk upaya dari Pemerintah dan masyarakat untuk membangkitkan dan melestarikan kembali budaya tradisional masyarakat di Minangkabau.

Selain itu juga dapat meningkatkan potensi-potensi daerah yang ada, diantaranya UKM anak nagari dan kuliner tradisiosnal, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakt setempat.

Lebih lanjut Mahyeldi Ansharullah menjelaskan, Palinggam Dayung Festival ke 2 tersebut juga termasuk salah satu kelender Pariwisata tahunan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, selain Dragon Boad Festival yang di gelar di banjir kanal GOR.H.Agus Salim Padang setiap tahunnya.
Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi sangat mendukung penuh kegiatan yang digelar oleh setiap nagari. Dijelaskannya Pemerintah daerah siap untuk menfasilitasi setiap agenda-agenda tradisional yang di laksanakan oleh Kelurahan.
 Di Tambahkan Ketua panitia pelaksana Palinggam Dayung Festival 2 Nazaaruddin Tanjung mengatakan, kendatipun Olahraga tradisional yang telah dilaksanakan semenjak tahun 70 tersebut mengalami kefakuman dalam beberapa tahun, namun anak nagari Palinggam sepakat untuk menggelar kegiatan tersebut, dan Palinggam Dayung Festival digelar  untuk kedua kalinya tahun ini.

Alek Nagari Dayung Palinggam Festival ke 2 tahun ini akan berlangsung hingga tanggal 3 Desember 2016 di ikuti sebanyak 52 tim dari Kabupaten Kota di Sumatera Barat.

Dengan memperebutkan 2 ekor sapi dan 7 ekor kambing.(**)LINKED IN