Lapas Muara Padang Over Capacity

Betrans.Padang- Usai serah terima peminjaman mobil Ambulance dari Pemerintah Kota Padang kepada Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Muara Padang, Kamis  (2/2/17), beberapa menit lalu,  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat,
 Dwi Prasetyo Santoso, mengatakan pada awak media bahwa Lapas Muara telah over capacity. Saat ini Lapas Muara menampung lebih dari 1300 orang tahanan, padahal selayaknya Lapas itu hanya mampu menampung 250 orang tahanan saja.
Permasalahan ini karena Kota Padang belum memiliki Lapas Khusus bagi tahanan yang tersangkut
narkoba, korupsi atau tahanan kriminal khusus lainnya.

Ia berjanji akan membenahai itu semua, demi memanusiakan manusia, karena Lapas sendiri memeberikan pembinaan dan keterampilan bagi para tahanan agar nanti setelah masa tahanannya telah selesai mereka siap terjun ke masyarakat dengan keterampilan yang mereka pelajari selama dalam masa tahanan.

“Lapas Kelas II A Muara Padang memang sudah over kapasitas, permasalahan ini akan kita benahi agar Hak-hak mereka sebagai manusia tidak terampas,” cakap Dwi.

Saat ini Lapas yang telah selesai dibangun didaerah Air Dingin telah kami fungsikan, nantinya tahanan sebagaian akan kami pindahakan kesana, pungkas Dwi. (##)