Sekda Kota Solok Dilantik


Betrans. Solok- Setelah melalui proses jadwal kegiatan yang begitu lama dan cukup alot serta tampa adanya interpensi dari pihak manapun, akhirnya panitia seleksi (Pansel) pemilihan sekretaris daerah (Sekda) kota Solok, memutuskan dan menjatuhkan pilihan kepada Rusdianto,SIP,MM  untuk mengabdi di kota beras itu. Sudah pasti pilihan atau kepercayaan serta amanah yang diberikan kepada mantan Kepala Bappeda kota Padang Panjang tersebut sudah berdasarkan pertimbangan serta penilaian yang terbaik dari semua kandidat yang baik.
Dengan terpilihnya Rusdianto,SIP,MM untuk menjadi pejabat eselon II A di kota Solok, dengan demikian pengabdian yang dilakukan oleh Ir.Hj.Helmiyatti yang selama ini menjadi pelaksana tugas (Plt) Sekdako Solok dapat tergantikan, dan tepatnya pada Jum’at 14 Oktober 2016 dilakukan serah terima jabatan serta pelantikan Sekda kota Solok yang defenitif di gedung Kubung Tigo Baleh Solok.
 
Dalam proses kegiatan yang dikemas rapi tersebut, turut dihadiri oleh sejumlah pejabat teras yang ada di kota Solok, diantaranya dihadiri oleh, Yutris Can.SE ketua DPRD kota Solok, Dandim 0309 Solok Letkol Inf Irwan Harjamono, Kajari Solok Aliansyah, Ketua Pengadilan Negeri Solok Heriyenti, Wakil Walikota Solok Ir.Reinier, Wakapolres Solok Kota Kompol Nofriadi Zein, Ketua LKAAM Solok H.Rusli Khatib Sulaiman, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok Milda Murniati, serta walikota Solok Zul Elfian,SH.Msi yang akan melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah bawahannya itu.
 
Dalam paparan yang disampaikan oleh walikota Solok saat mengisi kesempatannya memberikan kata sambutan, dikatakannya, atas nama masyarakat kota Solok dan seluruh pejabat yang ada memberikan apresiasi kepada tim pansel yang telah berjibaku melaksanakan tugasnya dalam menentukan siapa yang akan menduduki jabatan yang istimewa itu. Dan dikatakannya, dalam lelang terbuka untuk jabatan Sekda kota Solok diikiuti oleh sebanyak enam orang Kandidat, diantaranya, Drs.H.Syaiful Rustam yang sekarang ini menjabat sebagai Asisten II Bidang pemerintahan Sekda Kota Solok, H.Viveri Andra,SH.Msi kepala Bappeda kota Solok, Ir.H.Jetson,MP, kepala Badan Kepegawaian Daerah kota Solok, Drs.Fidel kepala Dinas pendidikan kabupaten Solok Selatan, Drs.Supadria kepala Dinas kebersihan kota Bukit Tinggi, dan Rusdianto,Sip.MM.
Dalam melakukan verifikasi dan penilaian dalam memilih dan menentukan siapakah yang berhak menduduki jabatan sebagai Sekda kota Solok, pansel memiliki beberap[a macam kategori penilaian, diantaranya, penilaian terhadap intelektualitas kandidat, spiritual, emosional, serta rekam jejak para kandidat yang ada.
Lebih jauh mantan wakil walikota Solok itu menguraikan tahapan yang telah dilaksanakan oleh pansel dalam melaksanakan tugasnya sebagai penentu calon Sekda kota Solok, dikatakannya, setelah melakukan proses verifikasi serta penilaian terhadap enam kandidat Sekda yang ada, akhirnya pansel mengerucutkan kedalam tiga besar kandidat yang tertinggal dan akan memasuki proses penilaian akhir  serta penentuan didalam sebuah pertimbangan, diantara yang masuk kedalam seleksi akhir itu adalah antara lain, Ir.H.Jetson, Drs.Supadria, serta Rusdianto,Sip.MM, dan pada akhirnya pansel mengumumkan nilai tertinggi yang didapatkan oleh tiga kandidat tersebut, sekaligus menyerahkan kepada walikota Solok Zul Elfian,SH.Msi untuk menentukan siapakah orang yang dipercayanya untk menjadi Sekda kota Solok.
“ Semua proses dilakukan secara transparan dan dipastikan tampa adanya interpensi dari pihak manapun, dan sebagai orang yang bijak dan adil dalam melaksanakan tugas dan  membuat keputusan, sudah pasti saya menjatuhkan pilihan kepada yang mendapatkan nilai tetinggi “ ujar Zul Elfian.
“ Namun walaupun demikian, saya mengakui dan sangat mengetahui bahwa semua kandidat yang ada merupakan orang orang terbaik, dan harus kita yakini dan pahami secara bersama, bahwa dalam sebuah kompetisi pasti ada yang terbaik dari semua yang baik” paparnya.
Mengakhiri ulasan yang disampaikannya, walikota Solok mengharapkan kepada Sekretaris Daerah yang telah dilantik, Rusdianto,SIP,MM agar dapat menyumbangkan kemampuan dan kontribusinya yang terbaik untuk kemajuan Kota Solok kedepan, terutama dalam mewujudkan visi Kota Solok menjadi Kota Beras Serambi Madinah, namun dikatakannya, melaksanakan tupoksi sebagai sekda kota Solok  merupakan hal yang perioritas yang harus dilaksanakan, ujarnya mengakhiri.
Dari liputan Dirgantara.com dilokasi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan itu, dapat terlihat suasana haru datang menyelimuti Rusdianto.Sip.MM  setelah dia menyaksikan kedatangan segerombolan pegawai dan beberapa pejabat dari kota Padang panjang. Dan ironisnya saat proses kegiatan pemberian ucapan selamat kepada Sekda terpilih, para pegawai dan pejabat kota Padang Panjang itu memberikan kenang kenangan kepada mantan pemimpinnya itu berupa cincin emas.
“ Rusdianto adalah pejabat yang baik, mampu, dan memiliki ilmu serta wawasan yang luas dalam melakukan pengelolaan dalam sebuah instansi yang dipimpinnya, walaupun bera,t namun kami harus rela melepaskannya ketempat pengabdiannya yang baru di kota Solok “ ujar salah satu rombongan yang adatang tersebut, katanya. ( ***)