Wako : Kewirausahaan Kunci Vital Perubahan Ekonomi dan Sosial


Betrans PADANG, - Kewirausahaan akan merubah hidup kita dan masyarakat lainnya untuk menjawab pertànyaan bagaimana suatu penduduk atau bàngsa yang miskin menyelesaikan masalah pengangguran dàn kemiskinan dan pàsa saat yang sama dapat membangun masyarakat yang makmur dàn sejahteraka.
Disàmpaikan Walikota Padang H.Mahyeldi Ansharuĺah pada acara pendidikan pelatihan manajemen koperasi organisasi koperasi bagi koperasi baru, selasa (21/2) di aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. Sumbar.
Mahyeldi katakan saya percaya kemampuan dibidang wirausaha, setiap komponen masyarakat dapat menghasilkan sebuah dampak positif bagi perubahan ekonomi dan sosial.
Kewirausàhàan bagaikan sebuah kunci vital untuk membuka setiap potensi ekonomi masyarakat. Ujar Walikota
UKM mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, selàin itu, berperan dalam peŕtemuan ekonomi dan penyeràpan tenaga kerja dan juga berperan dalam pendistribusian hasil - hasil pembangunan.
"Krisis ekonomi yang terjadi di negara kita beberapa waktu lalu, dimana banyak usaha berskala besar yang mengalami stagnasi bahkan berhenti aktivitasnya, sektor UMUM terbukti lebih tangguh dalam menghadapi krisis tersebut", ujar Walikota.
Maka itu, kita tidak bisa mengabaikan sistim manajemen. Miskin usaha yang kita jalani masih dalam skala kecil sekalipun, kita bisa mengabaikan sistim manajemen karena usaha tanpa sistim manajemen akan berakibat buruk terhadap keberlangsungan usaha.
Selanjutnya Yunisman Kepala Koperasi dan UMKM Kota Padang katakan pelatihan manejemen organisasi koperasi bagi koperasi baru sangat perlu di adakan.
Jumlah peserta pelatihan manajemen koperasi di kota Padang sebanyak 200 orang, yang baru mengikuti hari ini 70 orang. Semuanya berasal dari para wirausaha yang terdata di daerah kota ini, ujar Yunisman.
Lebih jauh, Yunisman menambahkan bahwa pengembangan sektor swasta difokuskan pada UMKM, terlebih lagi unit usaha ini sering kali terabaikan hanya karena hasil produksinya dalam skala kecil dan belum mampu bersaing dengan unit usaha lainnya{yn.)