Breaking News

Tim Pembina Implementasi ABS-SBK Turun ke Kecamatan

Betrans.PADANG, - Tim pembina kegiatan implementasi “Adat Basandi Syarak dan Syarak Basandi Kitabullah” (ABS-SBK) tahun 2017 akan turun ke seluruh kecamatan yang ada di Kota Padang.
Tujuan tim tersebut turun ke lapangan guna mensosialisasikan program baru milik bagian kesejahteraan rakyat (Kesra) Pemerintah Kota (Pemko) Padang itu kepada masyarakat sebelum dilakukan penilaian.
“Ya, tim pembina program implementasi ABS-SBK yang telah di-SK-kan bapak Walikota Padang tersebut akan turun ke masing-masing kecamatan, sesuai jadwal yang telah disepakati bersama,” ungkap Kasubag Bina Pendidikan dan Budaya Bagian Kesra Pemko Padang, Agustina SH, MM kepada Betrans.com di ruang kerjanya, Jumat (22/4),
Menurut Agustina, tim pembina yang beranggotakan sebanyak 14 orang itu akan memaparkan program implementasi ABS-SBK ini kepada masing-masing camat dan perangkat kelurahan yang ditunjuk untuk mengikuti lomba.
Dalam pertemuan sosialisasi tersebut, tim pembina akan menjelaskan poin-poin yang akan menjadi penilaian nantinya. Seperti ketersediaan lembaga dan limbago adat Minang yang ada di wilayah tersebut. Kemudian bagaimana pelaksanaan tradisi perkawinan, kematian serta pengamalan nilai-nilai agama masyarakat setempat selama ini.
“Untuk lebih rincinya, biarlah tim pembina yang akan memaparkannya nanti. Sebab, dalam tim pembina itu sudah lengkap unsur-unsur terkait yang lebih menguasai masalah adat dan budaya Minang serta nilai-nilai agama Islam. Jadi, kita serahkan saja kepada mereka,” tuturnya menjelaskan.
Ditambahkannya, lomba pengimplementasian ABS-SBK di Kota Padang tahun 2017 ini akan memperebutkan total hadiah uang tunai Rp120 juta. Dengan rincian, juara pertama mendapatkan Rp50 juta, juara kedua Rp40 juta dan juara ketiga Rp30 juta. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 17 Agustus 2017 mendatang. (tf/no)
Berikut nama-nama anggota tim pembina program implementasi ABS-SBK yang telah di-SK-kan Walikota Padang:
01. Dr Cand Yulizal Yunus, Msi, Dt Rajo Bagindo (tokoh ulama)
02. Prof Dr Ir Puti Reno Raudha Thaib, MP (bundo kanduang)
03. H Mulyadi Muslim, LC MA Khatib (tokoh ulama)
04. Ratmil S.Sos MPd Sutan Bagindo (tokoh pendidikan)
05. Drs Suardi Z Dt Rajo Basa (tokoh adat)
06. Jamilus S.Ag Bagindo Sati (Kabag Kesra)
07. Drs Syamsiri Malin Mulie (tokoh adat)
08. Yusrizal KW Khatib Sulaiman (budayawan)
09. Agustina SH, MM (Kasubag Bina Pendidikan dan Budaya Bagian Kesra)
10. Yulvira SH, MM (staf bagian Kesra)
11. Nofrianto S.Ag Malin Mandaro (wartawan)
12. Huryazi Zaira Amd Komp (staf bagian Kesra)
13. Musral Syofra Rajo Gandam (staf bagian Kesra)
14. Drs Syafwan Diran Qori Bandaro (mubaligh/ustadz)
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi