Breaking News

Kenakan Pakaian Adat di HUT RI, Jokowi: Biar Tahu Kita Beragam

Betrans.Jakarta.Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat khas Kalimantan Selatan saat merayakan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8). Selain Jokowi, Ibu Negara Iriana Jokowi juga tampak mengenakan pakaian adat khas Minang. 

Begitu pula dengan para pejabat negara seperti Wapres Jusuf Kalla dan istrinya Mufidah Kalla, serta para menteri kabinet kerja dan para tamu undangan kenegaraan lainnya. Mereka tampak mengenakan pakaian adat nusantara. 

Menurut Jokowi, dikenakannya pakaian adat dari berbagai wilayah di Nusantara ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat keberagaman bangsa Indonesia. Jokowi sendiri sudah berkali menyampaikan, Indonesia merupakan negara yang beragam akan budaya dan bahasa. 

"Ini kan, ratusan pakaian adat yang kita miliki. Suatu saat Kalimantan, Sumatera, Papua, Jawa karena budaya kita sangat beragam. Inilah Indonesia," ujarnya di Istana Merdeka saat menghadiri upacara Hari Kemerdekaan. 

Tak hanya para tamu undangan yang dimintanya mengenakan pakaian adat nusantara, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pun juga diinstruksikan untuk mengenakan pakaian adat. 

Jokowi juga sempat menunjukan sejumlah Paspampres yang mengenakan pakaian adat tersebut.  "Tuh adat Melayu, panglingenggak? Minahasa nih," kata dia sambil menunjuk salah satu Paspampres. 
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi