Breaking News

Ini Kata Kadis Pangtan Padang Panjang "Pendrisbusian Bibit Jeruk Berby, By Name By Adres"



Betrans, Padang Panjang ~ Kegitan pengadaan bibit jeruk berby di Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Padang Panjang, kata Kadis Pangtan Syahdanur. SH kepada wartawan, pendistribusiannya "by name by adres" (dengan nama berdasarkan alamat) dan bukan untuk masyarakat per orangan.

"Kita telah mendribusikan bibit jeruk berby itu sesuai dengan Dokumen Pelaksanaan Anggaran SKPD (DPA-SKPD),"sebut Syahdanur. SH didampingi Kabit Hulti Kultura, Fitriadi diruang kerjanya, Senin (29/1).

Terkait dengan adanya janji Walikota Padang Panjang Hendri Arnis kepada masyarakat per orangan, hal itu kata Syahdanur, Dispangtan Kota Padang Panjang sama sekali tidak mengetahuinya.

"Setelah pendribusian bibit jeruk berby habis kita bagikan kepada kelompok tani serta sekolah dan kantor baru kita tau, kalau Walikota Hendri Arnis ada janji sama masyarakat Kelurahan," sebut Syahdanur.

Lebih rinci Syahdanur menjelaskan, kalau kegitan pengadaan bibit jeruk berby ini sebenarnya sempat gagal, karena sewaktu proses tender, lelang pengadaannya adalah bibit jeruk madu, sementara dalam DPA-SKPD adalah bibit jeruk berby.

Akhirnya, kegitan pengadaan bibit jeruk berby ini dapat kita laksanakan pada anggaran perubahan. Karena waktu sudah kasip, maka pendribusian bibit jeruk berby ini harus segera kita lakukan dan itu sesuai dengan by name by adres dari kelompok tani, kantor dan sekolah ke Dispangtan," kata Syahdanur dibenarkan Kabit Hulti Kultura, Fitriadi.
 
Bahkan kata Syahdanur, pengadaan bibit jeruk berby  ini speknya kita minta diatas 1 meter dan itu terpenuhi dengan harga yang begitu murah, yakni Rp 82.000 per batang sudah termasuk ongkos kirim. "Awalnya dana untuk kegiatan bibit jeruk berby ini diatas 200 juta lebih, setalah kita cobah monitor ke tempat pembibitan di Pacitan, maka kegiatan ini bisa kita jadikan PL (Penunjukan Langsung) dan anggarannya cuma Rp150 juta dengan jumlah bibit sebanyak 1800 batang," sebut Syahdanur.

Terkait dengan kealpahan yang telah terjadi, Syahdanur mohon maaf kepada masyarakat, terutama bagi masyarakat yang berminat tetapi belum mendapatkannya, anggaran perubahan tahun ini kita usulkan lagi. Sebenarnya kata Syahdanur, pihaknya jahu hari telah menyurati pihak di ke Camatan terkait dengan pendribusian bibit jeruk berby ini. 

Ketika ditanyakan jumlah kelompok yang telah mendapatkan bantuan bibit jeruk berby ini, Kabit Hulti Kultura, Fitriadi menjelaskan hanya kelompok Agropresti Sepakat dengan jumlah anggota 29 orang.

"Dari jumlah 29 orang anggota kelompok ini, yang berminat mendapat bantuan bibit jeruk berby itu cuma 22 orang, dengan jumlah bibit yang didrisbusikan sebanyak 800 bantang," kata Fitriadi.

Terpisah, Ketua LPM Kelurahan Kampung Manggis Herigusman ketika diminta keterangannya mengatakan. "Benar, kita telah diajak oleh Dispangtan pada hari Kamis lalu dan itu sesuai arahan Walikota Hendri Arnis untuk melihat lansung kelapangan, benar apa tidak 800 batang bibit jeruk berby itu telah didrisbusikan kepada anggota kelompok tani. Namun, di lapangan kita melihat dengan kasat mata, semuanya itu terkesan hanya reka yasa saja, bahkan jumlah yang 800 batang itu kita temuai cuma 200 batang dan itupun susah untuk menghitungnya. Bahkan kita lihat bibit itu ditanam di pinggir jalan, tentu saja ini sangat mencurigakan," kata Herigusman dibenarkan Ketua LPM Kelurahan Pasar Usang Syafriyanto.

Bahkan kata Herigusman akrab disapa Mak Andi dan Syafriyanto yang akrab disapa Yan Bayok, "Ketika kita minta bukti tanda terima penyerahan bibit jeruk berby itu kepada Dispangtan dan ketua Kelompok Tani yakni Mak Kayo, terkesan berdali dan berjanji akan memberikannya, namun sampai saat ini, janji itu juga tidak ditepatinya. Sebenarnya ada apa ini..," tanya mereka.

Singgah kata Yan Bayok dan Mak Andi, "Untuk muda menghitung bibit yang telah ditanam oleh anggota kelompok tani tersebut, Pak Walikota telah perintahkan Dispangtan untuk memasang nomor urut 1 sampai 800 pada setiap bibit yang telah tertanam, namun sampai saat ini hal itu juga belum dilakukan oleh Dispangtan," tutup Mak Andi dan Yan Bayok. (ce)
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi