Breaking News

Bupati Kukuhkan Kepengurusan LKAAM Dharmasraya


Betrans,Dharmasraya – Pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Dharmasraya masa bhakti 2018-2023 dilantik dan dikukuhkan. Pati Ambalau Pengurus LKAAM Dharmasraya yang dipimpin oleh Abdul Haris Tuanku Sati itu dilakukan oleh Pucuk Pimpinan LKAAM Provinsi Sumatera Barat, M Sayuti Dt Rajo Panghulu dan lanjut dikukuhkan oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan.
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengucapkan selamat kepada ketua dan pengurus LKAAM Kabupaten Dharmasraya yang baru saja dilantik dan dikukuhkan.
“Semoga organisasi LKAAM di Kabupaten Dharmasraya dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik di tengah-tengah masyarakat, dengan memelihara adat istiadat dan budaya. Serta tetap menjadi mitra kerja pemerintah dalam mewujudkan pembangunan,” ujar bupati.
Hari ini, sebut bupati, peran ninik mamak harus bisa berjalan seiring dengan zaman, agar bisa memahami lingkungan yang terus terbawa oleh pengaruh global.
“Kami ingin para anak kemenakan dan mamak kembali mengingat pituah Minang yang mengatakan bahwa ‘kamanakan barajo ka mamak, mamak barajo ka pangulu, pangulu barajo ka nan bana, bana barajo ka mufakat,” tutur bupati.
Maka dari itu, selaku pemerintah daerah, bupati berharap kedepan peran ninik mamak melalui LKAAM kembali menempati posisi yang strategis dan berpengaruh signifikan terhadap pembangunan nilai-nilai adat dan budaya dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Dharmasraya.
“Dan Insya Allah, Pemerintah Daerah akan berupaya memfasilitasi dan memberikan dukungan kepada LKAAM secara optimal,” pungkas bupati.
Sementara itu, Ketua LKAAM Provinsi Sumatera Barat M Sayuti Dt Rajo Panghulu mengatakan, setelah acara Pati Ambalau dan pengukuhan ini, Pengurus LKAAM Kabupaten Dharmasraya dapat segera merumuskan kebijakan kongkrit untuk penyempurnaan organisasi, guna diimplementasikan untuk program kerja 5 tahun kedepan.
“Sehingga terjalin komunikasi yang efektif demi mewujudkan LKAAM Dharmasraya yang lebih kuat dan mampu menjadi pengayom bagi seluruh pemangku adat di Kabupaten Dharmasraya,” kata Sayuti.
Dalam kesempatan itu, juga dilaksanakan pemasangan kalung sang sako kehormatan LKAAM Sumbar oleh Ketua LKAAM Sumatera Barat kepada Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan. (rel,son)
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi