Breaking News

Hapus Sekolah Gratis, Pemrov Sumbar Lahirkan Sekolah Berkeadilan


Betrans.Padang. Sumatera Barat – Kualitas pendidikan berbanding lurus dengan anggaran yang tersedia. Oleh karenanya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) akan menghapus sekolah gratis untuk tingkatan Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK).
“Sekolah tidak mungkin membuat inovasi dan program unggulan jika tidak didukung anggaran. Akhirnya kualitas lulusannya juga tidak sesuai dengan harapan,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno
Dikatakan Irwan, sekolah gratis itu diganti dengan sekolah yang berkeadilan. Artinya, anak-anak orang yang memiliki kemampuan finansial harus membayar dan anak kurang mampu digratiskan. Tidak hanya gratis, malah diberi bantuan seperti pakaian, tas, buku, bahkan uang makan dan transportasi.
“Konsep itu akan memberikan ruang kepada sekolah untuk berinovasi membuat program pendidikan yang menjadi keunggulannya. Kualitas lulusan sekolah tersebut juga akan lebih baik dan bisa bersaing dengan lulusan sekolah lain,” ujarnya.
Sekolah berkeadilan itu didasari Peraturan Gubernur (Pergub) sebagai payung hukum agar tidak dinilai sebagai pungutan liar (pungli). Pergub tersebut masih dalam proses dan diharapkan akan terbit dalam pekan ini.
“Konsep ini diperbolehkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), BPK, kepolisian dan kejaksaan,”kata dia.
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi