Breaking News

Irwan Prayitno peletakan Batu Pertama Pembangunan SMA N 2 Ranah Batahan Pasaman Barat

Betrans,Pasbar,Pendidikan saat ini sangat memegang peran untuk generasi muda dalam rangka peningkatan kualitas hidup masa yang akan datang  Dengan pendidikan maka pola pikir akan berubah serta akan mudah mencari pekerjaan dari segala bidang ,” ujar Irwan Prayitno saat  peletakan batu pertama pembangunan SMA N 2 Ranah Batahan Pasaman Barat, Kamis. (15/3) Ia menekankan pentingnya pendidikan untuk generasi muda dalam rangka peningkatan kualitas hidup masa yang akan datang karane “Kepada masyarakat Desa Baru agar  mendorong anak-anaknya untuk sekolah. Pendidikan sangat penting bagi anak-anak,” katanya 
“jangan malas dan selalu mendorong anak-anak untuk bersekolah. Apalagi saat ini pemerintah menyediakan berbagai alokasi pendidikan dan berbagai bentuk beasiswa,” ujarnya.Ia mengatakan tidak ada alasan bagi orang orang tua saat ini untuk tidak menyekolahkan anaknya. Tinggal lagi kemauan orang tua dan si anak.
“Dengan adanya pembangunan SMA 2 ini, mudah-mudahan akan menambah minat masyarakat Desa Baru untuk sekolah. Tidak perlu lagi jauh-jauh sekolah ke luar Desa Baru,” katanya.Pihaknya akan terus mendorong pembangunan di daerah tertinggal khususnya sarana prasarana pendidikan. 
Irwan Prayitno mengatakan program Nagari Mandiri merupakan penjabaran dari Nawacita Presiden Joko Widoo. "Nawacita presiden menekankan pembangunan di Daerah terpinggir, tertinggal dan terisolir, oleh karenanya kami hadir meresmikan Nagari Mandiri Pangan karena ini program pemerintah yang harus kita sukseskan demi kesejahteraan masyarakat dipinggiran" katanya
Gubernur juga menghimbau kepada seluruh OPD di Provinsi agar membantu sarana prasana untuk mempercepat terwujudnya nagari mandiri pangan agar dapat memenuhi kebutuhan pangan sendiri dan daerah lain."Untuk terwudnya nagari mandiri pangan perlu adanya koordinasi antara OPD di provinsi dengan OPD di kabupaten untuk melengkapi sarana dan prasarana penunjang program tersebut" tutup Gunernur
Sementara itu Bupati Pasaman Barat, Syahiran mengatakan Desa Baru Ranah Batahan sangat membutuhkan pembangunan SMA. Sebab, selama ini anak-anak Desa Baru sekolah SMAnya ke Silaping dengan jarak tempuh 13 kilometer.
“Kita bersyukur adanya pembangunan SMA ini di Desa Baru. Mudah-mudahan bisa meningkatkan pendidikan di Desa Baru dan Pasaman Barat khususnya,” katanya.
Pihaknya bersama Pemprov Sumbar terus mendorong pembangunan sekolah di daerah perbataaan khususnya sekolah tingkat SMA.
“Benar, kewenangan pembangunan SMA sekarang beradi provinsi. Kita terus mendorong bagaimana sekolah di daerah perbatasan di Kecamatan Ranah Batahan segera dibangun,” kata Bupati Pasbar, Syahiran.
Menurutnya, pembangunan SMA Negeri itu direncanakan berada di atas lahan sekitar lima hektare yang nantinya bisa meningkatkan pendidikan di daerah itu.Nagari Desa Baru Ranah Batahan merupakan wilayah ujung Pasbar yang berbatasan dengan Sumatera Utara (Sumut).Masyarakat sangat membutuhkan sekolah tersebut mengingat jarak antar daerah dengan daerah lainnya cukup jauh.Sebagai daerah perbatasan Sumbar dengan Sumut keberadaan SMA sangat diharapkan karena banyak masyarakat sekolah keluar kampung. Jika sekolah ini berdiri sangat membantu anak-anak kita menuntut ilmu. Tidak hanya dari Ranah Batahan saja, bisa juga pelajar dari Sumut,” ujarnya.
Ia menyebutkan, disekitar nagari Desa Baru terdapat lima sekolah tingkat SMP sederajat. Sedangkan untuk sekolah lanjutan setingkat SMA tidak ada. Hal itu mengakibatkan anak-anak terpaksa sekolah jauh bahkan menumpang ke provinsi tetangga Kabupaten Mandailing Natal Sumut.
“Menyikapi hal itu masyarakat sepakat menyerahkan lahan dan membuat proposal pendirian SMA ke Pemprov Sumbar. Tentu pembangunan fisiknya pemerintah yang sediakan,” katanya.
Ia menilai kehadiran SMA Negeri di Desa Baru sangat mendesak seiring semakin banyaknya siswa tamatan SMP sedarajat yang harus sekolah ke luar daerah.Bahkan siswa harus menempuh jarak yang cukup jauh dan biaya yang sangat besar menuju pusat Kecamatan Ranah Batahan sehingga membuat sejumlah siswa yang berekonomi lemah putus sekolah.
Kunjungan Gubernur ini disambut baik dan antusias oleh masyarakat Desa Baru dibawah kendali persiapan oleh Wali Nagari Desa Baru mawardi Hendro. Pada kesempatan ini gubernur juga meresmikan Pencanangan Pengembangan Kawasan Perkotaan Baru/Kota Transmigrasi Desa Baru, Pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk, Sekaligus Penandatanganan Prasasti Rumah Pengelola Tahu/Tempe, Penandatanganan Prasasti Pembangunan Sarana dan Prasarana Nagari.
Dikesempatan ini Irwan Prayitno tidak hanya berkunjung untuk peletakan batu pertama pembangunan SMAN 2 Ranah Batahan saja melainkan untuk meninjau langsung daerah di Pasaman Barat yang melakukan pemanfaatan lahan pekarangan, sekaligus melakukan Penanaman Perdana KWT Bundo Kanduang di Kampung dalam Jorong Sukarejo Desa Baru.Desa baru merupakan nagari paling ujung dari Kabupaten Pasbar yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara. Hal tersebut dikatakan oleh bupati Pasbar H. Syahiran saat memberikan sambutan.
Lebih lanjut Syahiran mengatakan bahwa pembangunan Sekolah Menengah Atas ini dan program Nagari Mandiri pangan bertujuan untuk membangun daerah dari pinggiran dengan meningkatkan sumber daya manusia melalui pendidikan serta potensi pertanian dan perkebunan.Nagari Desa Baru merupakan daerah transmigrasi dari jawa pada tahun 1995 dan 1996. Nagari Desa Baru pernah menjadi sentral kedelai pada zaman Orde Baru. Oleh karena itu dengan adanya program Nagari Mandiri ini Desa Baru bisa kembali menjadi Nagari yang menjadi daerah Sentral Pertanian dan Perkebunan
.
Terpisah, anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat H. Amora Lubis mengucapkan syukur alhamdulillah harapan dan keinginan masyarakat Nagari Desa Baru untuk memiliki sebuah SMA dapat terwujud dengan adanya persetujuan dari Kemendikbud serta ditandatanganinya MOU tentang Pendirian SMAN2 Ranah Batahan di Desa Baru dan hari ini telah dilakukan peletakan batu pertamanya oleh Bapak Gubernur Sumatera Barat.
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi