Breaking News

Re Launching Produk Unggulan dan Smesco Minang Festival.

Ny. Mufidah Jusuf Kalla : Produk Lokal, Pakai Bahan Baku lokal

Betrans, Jakarta ~ Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Republik Indonesia, Ny. Hj. Mufidah Jusuf Kalla, membuka secara resmi Re Launching Produk Unggulan Provinsi dan Smesco Minang Festival di lt 3 Creative Stage, smesco Indonesia, Jakarta, Sabtu (31/3).

Ajang penampilan produk kreatif Ranah Minang tersebut, turut dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Puspa Yoga, Istri gubernur DKI, Ny. Anies Baswedan, Duta besar negara sahabat, gubernur dan Wagub Sumbar, kepala OPD Pemprov dan Bupati Walikota se-Sumatera Barat serta ketua Dekranasda provinsi dan kabupaten/kota se Sumbar, termasuk sejumlah tokoh perantau minang Jabodetabek.

Ketua Dekranas, Ny. Mufidah Jusuf Kalla mengingatkan, untuk mengembangkan produk kerajinan daerah, hendaknya tetap mengutamakan pemakaian bahan baku lokal, sehingga ke khas-an ciri daerah tersebut, tetap nampak dan tetap unik.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Bukan karena saya orang minang saya hadir saat ini, namun jika daerah lain menggelar kegiatan ini, maka saya akan hadir juga," ujar Isteri Wapres.

Mengakhiri sambutanya, Ny. Mufidah menyampaikan sebait pantun, 
"Anak dara pandai menulis, Tulisannya jadi berita.
Jangan bilang kita nasionalis,
Jika tidak memakai produk nusantara.

Menkop UKM, Puspa Yoga melaporkan, gedung smesco Indonesia sudah memiliki konsep baru dan telah dijadikan semacam miniaturnya Indonesia yang menyajikan seluruh produk unggulan, termasuk kuliner nusantara."

"Untuk merangsang daerah memanfaatkan smesco Indonesia, saya menggratiskan lt 3 ini. Silahkan pakai gratis. Tapi lt 4 sampai lt 17 itu ada tarif yang ditetapkan Kemenkeu," terang Menkop Puspa Yoga.

Selanjutnya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan terima kasih kepada Menteri KUKM yang telah memfasilitasi sarana promosi produk unggulan Provinsi Sumatera Barat di smesco Indonesia, Jakarta.

"Walau produk unggulan kita di Sumatera Barat cukup unik dan menarik, namun jika tidak dipromosikan, tentu akan sulit dikenal di pasaran," ujar gubernur, sembari menyampaikan, di lokasi minang festival ini, juga menyajikan makanan dan sejumlah kuliner minang.

Menurut laporan ketua panitia smesco Minang Festival, bahwa acara ini terselenggara berkat sinergi program kementerian KUKM dengan Dekranas.

"Kegiatan ini merupakan langkah strategis promosi produk-produk unggulan UKM Sumatera Barat," katanya.

Disela-sela acara, Pjs Walikota Padang Panjang, Irwan, S.Sos, MSi kepada wartawan menyatakan, Padang Panjang harus bisa mengambil porsi di tempat promosi produk unggulan smesco Indonesia.

"Mumpung kementerian KUKM menyediakan sarana promosi gratis di lt 1, 2 dan 3, maka kesempatan itu harus dimanfaatkan untuk menampilkan produk lokal Padang Panjang," tutur Irwan.  

(ki/.rel/Protokoler)
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi