375 Santri TK Islam Bhakti Wisuda Khatam Iqra’

Betrans,Dharmasraya – Sebanyak 375 santri TK Islam Bhakti se-Kabupaten Dharmasraya mengikuti prosesi Wisuda Khatam Iqra’. Turut hadir dalam acara itu Penjabat (Pj) Sekda Dharmasraya Adlisman, Kepala Dinas Pendidikan Marius, Bunda PAUD Kabupaten Dharmasraya Ny Dewi Sutan Riska, Ketua YPBWI Provinsi Sumatera Barat Raudhati Ruslan dan Ketua YPBWI Kabupaten Dharmasraya Leli Arni.
Ketua YPBWI Kabupaten Dharmasraya Leli Arni menyampaikan, 375 santri yang mengikuti wisuda khatam iqra’ itu berasal dari 54 Lembaga TK Islam Bhakti se-Kabupaten Dharmasraya yang sudah melewati tes terlebih dahulu. Diantaranya tes bacaan iqra’ 1 hingga 6, bacaan Qur’an dan tes hafalan beberapa ayat pendek.
“Dari 1.400 santri TK Islam Bhakti se-Dharmasraya, ada 403 orang yang mengikuti tes ini. Tapi hanya 375 santri yang dinyatakan lulus,” papar Leli.
Sementara itu, Ketua YPBWI Provinsi Sumatera Barat Raudhati Ruslan memberikan apresiasi, karena jumlah santri yang diwisuda melebihi target yang ditetapkan YPBWI.
“Di yayasan, kita mempunyai target minimal 20 persen dari total jumlah santri TK Islam Bhakti mampu membaca dan menghafalkan Al Qur’an. Tapi Dharmasraya mampu lebih dari itu. Dari 1.400 santri, ada 375 santri yang lulus tes dan diwisuda hari ini. Ini tentu menjadi sesuatu yang patut diapreasi. Semoga cita-cita kita untuk melahirkan generasi qur’ani dapat terwujud,” tutur Raudhati.
Apresiasi juga terlontar dari Bunda PAUD Kabupaten Dharmasraya, Ny. Dewi Sutan Riska, dalam kesempatan itu. “Saya bangga dan bahagia. Bertepatan dengan Hardiknas hari ini, saya menyaksikan ratusan anak-anak kita yang masih berusia dini tapi sudah mampu melafalkan ayat-ayat Al Qur’an dengan baik. Ini tentu tidak terlepas dari peran para pengelola dan guru TK Islam Bhakti yang sudah berjuang mencetak generasi qur’ani, sesuai dengan visi yang diembannya,” tutur Dewi.
Dewi berharap pendidikan Qur’an yang diterima para santri TK Islam Bhakti ini dapat terus berlanjut. “Untuk itu, ini membutuhkan tekad dan dorongan orang tua. Mari terus bimbing anak-anak kita agar terus semangat belajar dan dekat dengan Qur’an,” harap Dewi.
Sementara itu, Pj Sekda Adlisman juga memberikan apresiasi kepada segenap pengelola dan guru TK Islam Bhakti yang dapat menyelenggarakan acara wisuda khatam iqra’, meskipun dengan segala keterbatasan yang ada.
“Kepada pengelola dan guru TK Islam Bhakti, tetaplah tulus dan ikhlas. Karena jalan yang ibu-ibu tempuh adalah jalan perjuangan. Memperjuangkan Al Qur’an, memperjuangkan generasi. Semoga cita-cita untuk melahirkan generasi qur’ani dapat bersama-sama kita wujudkan,” pungkas sekda. (*)
Sumber : Humas Pemkab Dharmasraya