Gubernur Sumbar Ajak Masyarakat Sempurnakan Ibadah Ramadhan Dengan Perbanyak Baca Al-Quran


Betrans,Padang – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengajak dan mengingatkan umat Islam agar tidak mensia-siakan kesempatan meraih kesempurnaan ibadah di bulan Ramadhan. Terutamanya pada tiga hari menjelang berakhirnya bulan Ramadhan  dengan memperbanyak membaca Al-Quran.
Ajakan tersebut disampaikan Gubernur Irwan Prayitno pada kegiatan pelaksanaan ibadah i’tikaf Ramadhan 1439 H bersama masyarakat di Mesjid Jihad, Perak. “Al-Quran ini adalah pedoman hidup yang tidak pernah basi. Semua ada petunjuk. Bergaul dengan teman, bekerja di kantor. Semua diatur. Supaya kita tidak tersesat. Dan sebagai penjelas mengenai hidup dan kehidupan,” ujar Gubernur melalui akun instagramnya @irwanprayitno.
Irwan mengatakan, Al-Quran dan sunah Rasul adalah pedoman paling lengkap bagi manusia dalam menjalani hidup. Berbagai peristiwa dan kasus terkini memiliki korelasi erat dengan kisah yang disampaikan dalam Al-Quran. Kisah-kisa dalam Al-Quran tak hanya skedar cerita namun terdapat petunjuk.
Seperti maraknya perilaku Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) disampaikan dalam kisah Nabi Luth. Kisah istri mengingkari suami ada zaman nabi Nuh. Pemimpin zalim dan diktator ada Firaun. Pengusaha yang rusak namanya Karun. Alquran ini tak sekadar cerita namun sebagai Petunjuk.
“Untuk itu, kepada kita semua apalagi karyawan dan pekerja yang sebagian telah memasuki masa cuti bersama, mari memanfaatkan sisa waktu terakhir dalam Bulan Puasa kali ini dengan memperbanyak ibadah. Bagi yang merasa kesulitan untuk mendalami dan menghafal Al-Quran secara rinci, tak masalah bila baru mampu sekadar membacanya,” kata Irwan.
Gubernur juga mengingatkan, Allah SWT memiliki porsi pahala masing-masing bagi umat Muslim yang beribadah. Baik itu melalui membaca, mendalami hingga mengamalkan Al-Quran. Terpenting adalah mendapat ketenangan dan membersihkan jiwa melalui membaca Al-Quran. “Mau hapal atau tidak, Insya Allah setidaknya kita memperoleh ketenangan jiwa,” tukas Irwan. (son)