Selaju Sampan Badunsanak Bakal Jadi Event Pariwisata di Dharmasraya


Betrans,Dharmasraya – Event pacu dayung bertajuk Selaju Sampan Badunsanak kembali digelar di Sungai Batanghari, Jorong Pulai, Nagari Sitiung. Ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan nagari setempat dalam rangka menyemarakkan Hari Raya Idul Fitri.
Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Dharmasraya Adlisman mengapresiasi kegiatan Selaju Sampan Badunsanak kepada seluruh pihak. “Kegiatan ini tentu saja dapat menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat,” ujar Adlisman.
Lebih dari itu, sambung Sekda, event Selaju Sampan Badunsanak yang digelar tiap tahun ini sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai salah satu objek destinasasi wisata di Kabupaten Dharmasraya, khususnya di Nagari Sitiung. Event ini tidak hanya mampu menarik wisatawan lokal, namun juga dari luar daerah.
Untuk itu, sebut Sekda, event semacam ini perlu dirancang dan dipersiapkan sedemikian rupa agar menjadi kegiatan tahunan yang menarik. “Panitia penyelenggara perlu melakukan evaluasi dan pembenahan-pembenahan agar pelaksanaan event ini lebih baik lagi kedepannya,” tukas Sekda.
Pemerintah daerah, lanjut Sekda, siap membuka diri untuk memberikan dukungan dalam pelaksanaan event Selaju Sampan Badunsanak ini. Karena memang acara ini sangat positif dan potensial. Di samping pengembangan wisata, event ini juga dapat menjadi wadah untuk mencari bibit-bibit atlet dayung di Dharmasraya.
“Jika butuh dukungan pendanaan dari APBD, silahkan kegiatan ini dirancang sedemikian rupa dari awal dan usulkan dalam Musrenbang,” pungkas Sekda.
Pada kesempatan itu, Sekda juga menyerahkan bantuan uang tunai dari Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan kepada Panitia sebagai bentuk dukungan bupati atas terselenggaranya iven tersebut. (rel,hms)