Breaking News

Peranan Ninik Mamak Sangat Penting Menjaga dan Melestarikan Warisan Adat dan Tradisi


Betrans,Dharmasraya– Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan menghadiri undangan halal bihalal dengan masyarakat. Kali ini, halal bihalal diselenggarakan oleh masyarakat Nagari Kurnia Koto Salak. Kehadiran bupati didampingi oleh sejumlah jajaran pemerintahan dan segenap komponen masyarakat Nagari Kurnia Koto Salak.
Bupati mengaku senang bisa hadir di tengah-tengah masyarakat Kurnia Koto Salak yang masih begitu kuat mempertahankan tradisi dan adat nagari. Dan beliau juga mengaku bangga melihat para ninik mamak dengan pakaian kebesaran dan atribut lengkap menghadiri acara tersebut.
“Saya harap ini merupakan gambaran keberadaan ninik mamak Kurnia Koto Salak yang kokoh dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai pengayom dan menjadi contoh teladan di tengah-tengah masyarakat,” ujar Bupati.
Menurut Bupati, peran ninik mamak begitu penting, khususnya dalam menjaga adat dan tradisi agar tetap lestari dan terwarisi kepada generasi. Dan tentu saja juga dalam membimbing anak kemenakan agar menjalani kehidupan sesuai Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah.
“Itulah kenapa pemerintah daerah menaruh perhatian yang cukup besar bagi keberadaan ninik mamak, salah satunya dengan memberikan insentif kepada para ninik mamak. Karena pemerintah daerah menyadari betul peran penting ninik mamak di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.
Di sisi lain, Bupati juga memaparkan sejumlah pembangunan infrastruktur yang terus berproses dan tengah berjalan di Kabupaten Dharmasraya. Mulai dari infrastruktur jalan, jembatan, infrastruktur bidang kesehatan, keagamaan, UKM dan lain sebagainya.
Namun peningkatan kualitas sumber daya manusia juga menjadi bagian penting yang tak boleh terlupakan. Itulah kenapa pada kesempatan itu bupati juga menekankan tentang pentingnya pendidikan kepada masyarakat. “Saya berharap tidak ada anak-anak Dharmasraya yang putus sekolah, apalagi sampai tidak bersekolah,” tegasnya.
Di akhir sambutannya, bupati juga berpesan kepada masyarakat untuk dapat menjaga persatuan dan kesatuan. “Apalagi, sebentar lagi kita akan memasuki tahun politik. Jangan sampai perbedaan pandangan politik membuat kita terpecah belah,” pinta Bupati.
Usai Halal Bihalal dengan masyarakat, Bupati juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung pertemuan Nagari Kurnia Koto Salak. (rel)
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi