Breaking News

Technopark di SMKN 1 Koto Baru Dharmasraya Diresmikan


Betrans,Dharmasraya – Wakil Bupati (Wabup) Dharmasraya H Amrizal Dt Rajo Medan meresmikan Technopark di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKAN) 1 Koto Baru. SMKN 1 Koto Baru dibawah komando Taufik Suwanda ini merupakan salah satu dari beberapa SMK di Sumatera Barat yang mendapatkan program Technopark untuk pengembangan dunia pendidikan kejuruan yang berorientasi pada penyiapan kompetensi lulusan yang siap bersaing di dunia kerja.
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Burhasmas Bur mengatakan, technopark merupakan salah satu upaya untuk mendekatkan peserta didik dengan dunia kerja yang riil. Program ini akan dibimbing oleh pihak perguruan tinggi, yakni dari Institut Pertanian Bogor.
“Di SMK, ada namanya teaching factory, yang merupakan sebuah program pendidikan yang mengintegrasikan antara teori dan praktek. Dan keberadaan Technopark ini adalah untuk mendukung implementasi program tersebut. Ini akan menjadi wadah bagi sekolah untuk merancang dan menyiapkan lulusan yang siap bersaing dan maching dengan kebutuhan dunia industri,” kata Burhasmas yang turut hadir pada acara peresmian Technopark.
Dalam pengembangannya, sambung Burhasman, technopark ini akan disesuaikan dengan potensi sektor yang sedang berkembang di daerah terkait.
Sementara itu, Wabup mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada pihak terkait yang sudah menjadikan salah satu sekolah kejuruan di Dharmasraya sebagai sasaran program technopark ini. Wabup berharap, keberadaan technopark ini betul-betul dapat mendukung kemajuan pendidikan kejuruan di Kabupaten Dharmasraya, yang akan melahirkan lulusan lulusan yang terampil, mempunyai skill, dan siap bersaing di dunia kerja.
“Dan akan lebih baik lagi jika anak-anak kita ini mampu untuk membuka lapangan kerja sendiri nantinya,” tandas wabup.
Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan pelatihan dasar ketarunaan bagi para siswa sebagai bentuk pembinaan karakter dan melatih kekuatan fisik siswa.
Turut hadir dalam acara itu Staf Ahli Bidang Hukum, Masheri Yanda Boy, Sekretaris Dinas Pendidikan, Reno Lazuardi, Kepala SMK se Dharmasraya dan juga sejumlah tamu undangan lainnya. (rel)
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi