Breaking News

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Siap Jadi Tuan Rumah MTQ XXVIII pada tahun 2020


Betrans,Jakarta – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVII baru akan digelar pada bulan Oktober mendatang di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Namun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) sudah menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah MTQ XXVIII pada tahun 2020 mendatang. Kesiapan dan upaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ Nasional tersebut kembali dinyatakan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat beraudiensi dengan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin.

“Sumbar Insya Allah sangat siap. Sarana prasarana baik hotel, mesjid-mesjid, mesjid Raya Sumbar bisa kita persiapkan menjadi pusat MTQ Nasional di Sumbar. Perguruan tinggi juga siap dan saat ini tengah dibangun Stadion baru di Padang Pariaman dengan dana Rp 200 Miliar. Kemudian Ranah Minang sudah berpengalaman menggelar event berskala besar nasional dan terlaksana dengan sukses. Misalnya HPN (Hari Pers Nasional) yang lalu berjalan lancar dan sukses,” ungkap Irwan.
Dijelaskan Irwan, ranah Minangkabau yang aman, nyaman serta religius akan selalu siap dan akan dipadukan dengan pariwisata dan kuliner halal untuk menyambut para kafilah MTQ Nasional XXVIII tahun 2020 nantinya. Terakhir kalinya Sumbar menjadi tuan rumah MTQ Nasional  pada tahun 1983 yang pembukaannya di GOR Agus Salim. Oleh karenanya Pemerintah Provinsi, Kanwil Kemenag,
Bupati maupun Walikota sudah setuju agar Sumbar menjadi tuan rumah MTQ Nasional XXVIII. Selain fasilitas yang sudah disiapkan, anggaran juga siap untuk gelaran tahun 2020.

“Insya Allah kami menyanggupi, Sumbar terakhir menjadi tuan rumah MTQ pada tahun 1983. MTQ tahun 2020 kita ingin di GOR lagi atau Masjid Raya Sumbar. Jika 2020 menjadi tuan rumah, kita akan maksimalkan usaha untuk kesuksesannya,” ujar Irwan.
Sementara itu, Menag Lukman Hakim Saifuddin menyambut baik kedatangan Gubernur Sumbar yang beraudiensi mengenai kesiapannya sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ Nasional XXVIII tahun 2020. Beberapa waktu lalu, Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar Nasrul Abit sudah beraudiensi dengan jajaran Kemenag untuk menyampaikan proposal kesiapan sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ Nasional. Diakui Menag Lukman, memang sudah ada empat calon tuan rumah pada MTQ tahun 2020. Selain Sumbar, ada provinsi lain yang juga menyatakan kesiapannya yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Riau.
Ditegaskan Menag Lukman, untuk menentukan tuan rumah MTQ Nasional tahun 2020 akan dilakukan dan diumumkan pada MTQ XXVII di Medan pada bulan Oktober mendatang. Bagi provinsi yang sudah siap menjadi tuan rumah, dipersilahkan untuk mengajukannya kepada Direktorat Jenderal Bimas Islam dan Biro Umum Kementerian Agama.
“Untuk tuan rumah MTQ 2020, sudah mengajukan, Provinsi Kalbar, Kalsel dan Sumsel. Mekanismenya sudah ada tim yang verifikasi menyangkut kesiapan tiap Provinsi untuk tuan rumah MTQ XXVIII,” tegas Menag.
Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin menambahkan, setelah silaturahim Wagub Sumbar pada bulan Juli lalu, tim Ditjen Bimas Islam sudah memverifikasi kesiapan Sumbar sebagai tuan rumah. Namun, selain Sumbar, lanjut Muhammadiyah Amin, Provinsi Kalsel dan Sumbar yang sudah siap, sementara Provinsi Kalteng dan Sumsel baru dalam tahap verifikasi pengajuan.
“Provinsi Sumbar, kami sudah melihat lokasi, Perguruan Tinggi, siap semua, dan keseriusan tim panitia. Provinsi Sumbar siap menjadi tuan rumah,” kata Muhammadiyah Amin yang didampingi Karo Umum Syafrizal dan Direktur Penais Khoiruddin. (*)
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi