Breaking News

Sebarkan 18 Ribu Benih Ikan di Lubuk Larangan, Bupati Juga Ajak Petani Terapkan Mina Padi


Betrans,Dharmasraya – Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan meresmikan Lubuk Larangan Sungai Batang Mimpi di Jorong Barangan, Nagari Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung. Peresmian Lubuk Larangan ini ditandai dengan penebaran sekitar 18 ribu benih ikan di sungai tersebut.
Bupati sutan Riska Tuanku mengapresiasi Pemerintah Nagari Sikabau beserta masyarakat setempat, terutama yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas), karena sudah ikut berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan pada aliran Sungai Batang Mimpi melalui program Lubuk Larangan ini.
“Menjaga kelestarian lingkungan memang sudah menjadi tanggungjawab kita bersama. Tidak hanya demi kelangsungan hidup kita hari ini, namun juga bagi generasi kita nanti,” ujar Bupati Sutan Riska didampingi Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Dharmasraya Welfiadril.
Bupati berpesan, agar segenap komponen masyarakat setempat dapat bersama-sama menjaga Lubuk Larangan dan benih ikan yang sudah ditebar tersebut dengan baik. Sehingga, disamping menjaga kelestarian sungai, program ini juga dapat mendatangkan manfaat ekonomi bagi masyarakat nantinya.
“Keberadaan Sungai Batang Mimpi di Sikabau ini adalah rahmat Allah yang patut kita syukuri. Untuk itu, mari kita jaga dan kita manfaatkan potensi sungai ini untuk mencapai kesejahteraan bersama,” tandas bupati.

Dibagian lain, Bupati Sutan Riska mendorong petani Dharmasraya untuk menerapkan program Mina Padi. Sebab, Mina Padi yang merupakan bentuk integrasi antara pertanian dan perikanan yang dikembangkan dalam satu lahan tersebut dinilai akan sangat menguntungkan bagi petani.
“Dengan menerapkan pola ini, selain bisa panen padi, petani juga bisa menghasilkan ikan dari budidaya yang dilakukan pada satu hamparan sawah yang sama, sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani,” ujar Bupati dalam kegiatan sosialisasi Mina Padi di Bukit Mindawa, Nagari Sikabau.
Saat ini pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya tengah melakukan uji coba program Mina Padi untuk 10 hektar lahan sawah yang ada di Kanagarian Sikabau. Melalui program ini, pemerintah ingin mendorong masyarakat agar lebih kreatif dalam pemanfaatan lahan, terutama para petani.
“Petani jangan khawatir, pemerintah daerah akan mendampingi pelaksanaan program ini. Kita punya penyuluh, baik dari pertanian maupun dari perikanan, yang akan mengontrol. Yang penting petani semangat, punya kemauan yang tinggi serta optimis pola Mina Padi ini bisa berhasil. Jika berhasil, nanti akan kita kembangkan lebih luas lagi,” tukas Bupati.
Untuk program ini, imbuh bupati lagi, petani akan dibantu benih ikan 200 ribu ekor untuk setiap hektarnya. Kemudian juga ada bantuan pakan 1 ton per hektar. (*)
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi