Breaking News

Bupati Dharmasraya : Jadikan HKN Sebagai Sosialisasi Pembangunan Kesehatan dan Edukasi Masyarakat


Betrans,Dharmasraya – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tingkat Kabupaten Dharmasraya dilaksanakan di Lapangan Blok B Kurnia Selatan, Kecamatan Sungai Rumbai. Berbagai agenda dilaksanakan dalam peringatan HKN yang mengangkat tema “Aku Cinta Sehat” tersebut. Diantaranya jalan santai, pemeriksaan kesehatan gratis, bazar murah dan sejumlah agenda lainnya.
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyampaikan amanat Menteri Kesehatan RI. Dalam amanatnya, Menteri Kesehatan menyebutkan tema pada peringatan HKN ke-54 sejalan dengan program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), yang menekankan pada upaya promotif dan preventif sebagai pendekatan pembangunan kesehatan.
“Kesempatan ini juga merupakan momentum yang baik untuk kita merenungkan dan introspeksi terhadap apa yang telah kita capai dalam pembangunan kesehatan,” ujar Bupati Sutan Riska.
GERMAS dan PIS-PK, lanjut Bupati, diharapkan dapat diimplementasikan lebih operasional dan konkrit di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu, kepada segenap jajaran kesehatan dan juga lintas sektor diminta untuk mempergunakan data dan informasi pendataan Keluarga Sehat menjadi dasar intervensi. Baik di sektor kesehatan maupun lintas sektor dalam rangka menyelesaikan permasalahan kesehatan secara tuntas di tingkat keluarga.
Pada kesempatan itu, bupati juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan kesehatan.
“Mari gelorakan peringatan HKN sebagai wahana sosialisasi pembangunan kesehatan dan edukasi kepada masyarakat. Saya juga mengajak semua pihak untuk bekerjasama, memperkuat sinergitas, dalam melakukan pembangunan kesehatan untuk mempercepat terwujudnya Indonesia Sehat. Selamat Hari Kesehatan Nasional. Ayo hidup sehat, mulai dari kita,” pungkas bupati mengakhiri sambutannya.
Dalam kesempatan itu, bupati juga menyerahkan penghargaan kepada sejumlah nagari yang sudah mendukung pembangunan kesehatan melalui pengalokasian dana desa untuk program kesehatan tahun 2018. Serta menyerahkan bantuan Pangan dan bibit Ikan.
Turut hadir dalam acara tersebut Forkopimda, Kepala OPD, Camat, Ketua TP PKK Ny Dewi Sutan Riska, Ketua GOW Ny Febby Amrizal dan sejumlah tamu undangan lainnya. (hms)
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi