Betrans,DHARMASRAYA - Kehadiran kontingen se Sumatera Barat dalam acara Hari Pangan Sedunia (HPS) ke XXXVIII Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diselenggarakan di Kabupaten Dharmasraya, disambut hangat oleh pemerintah daerah.
Setelah acara resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, pada Selasa (06/11) siang, malamnya seluruh kontingen dijamu makan malam oleh Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt Rajo di pusatlokasi acara, yakni di Lapangan Koto Agung Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung.
Pada kesempatan itu, Wabup menyampaikan selamat datang kepada seluruh kontingen HPS di Kabupaten Dharmasraya, Ranah Cati Nan Tigo. "Beginilah suasana perdesaan di Dharmasraya. Semoga bapak ibu betah berada di sini selama mengikuti acara peringatan HPS. Sebagai tuan rumah, In syaa Allah kami akan berupaya memberikan layanan terbaik kepada bapak ibu semuanya," ujar wabup mengawali sambutannya.
Menurut wabup, suasana yang penuh keakraban dan kebersamaan ini terkadang sangat dibutuhkan untuk sebuah kerjasama, saling bersinergi, guna membangun dunia usaha bidang pangan di Sumatera Barat. Beratnya persoalan masalah pagan dan luasnya cakupan yang harus dikelola, kerjasama dan kebersamaan menjadi pilihan bijaksana untuk mengatasi berbagai problematika pangan daerah.
"Kabupaten Dharmasraya membuka pintu lebar bagi semua kabupaten dan kota untuk bekerjasama khususnya di bidang pangan," ujar wabup.
Sebagai daerah agraris, sambung Wabup, Kabupaten Dharmasraya memiliki berbagai produk unggulan pangan, seperti beras, daging ayam dan Ikan. Produk-produk tersebut bisa dimanfaatkan oleh daerah lain sebagai bahan baku usaha dan industri pangan olahan, demikian juga sebaliknya.
Sebelum mengakhiri sambutannya, Wabup juga menitipkan salam kepada seluruh kontingen untuk bupati dan walikota di masing-masing daerah.
"Sampaikan kepada beliau, bahwa kami dan masyarakat Dharmasraya mengucapkan terimakasih atas dukungannya mengirim delegasi dalam peringatan HPS ke 38 di Kabupaten Dharmasraya. Semoga kebijakan ini akan berkontribusi positif bagi perkembangan permasalahan pangan di Sumatera Barat," tandas wabup.hms