PMI Kota Padang Umrahkan 13 Orang Telah Donor sampai 140 Kali.

 
Betrans,Padang,Sebanyak 1.078 orang pendonor darah di Kota Padang diberikan piagam penghargaan. Tujuh orang diantaranya diberikan penghargaan Satya Lencana atas sumbangsih menyumbangkan darah 100 kali, sedangkan 13 orang  yang 125 sampai 140 kali donor diberangkatkan umrah.
Penghargaan bagi para pendonor tersebut diserahkan oleh Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno dan Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Kota Padang Amasrul mewakili Wali Kota Padang, serta pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang. Penyerahan penghargaan tersebut  dilaksanakan di Auditorium Gubernuran Provinsi Sumatra Barat, Rabu (13/2/2019).
Gubernur Irwan Prayitno menyebut, berbagai kegiatan kemanusiaan telah dilakukan PMI untuk meringankan penderitaan masyarakat baik dalam merespon bencana maupun upaya - upaya pengurangan resiko bencana, serta terus berupaya memaksimalkan sumber donor darah dengan mendorong masyarakat untuk berdonor.
"Donor darah membawa keuntungan dan manfaat bagi kesehatan pendonor. Selain itu,  donor darah adalah perbuatan terpuji,  karena menyelamatkan kehidupan manusia", ujar Irwan.
Sementara itu, Pj. Sekda Kota Padang Amasrul mengatakan, para pendonor telah menyelamatkan kehidupan orang lain dan perbuatan mulia tersebut adalah bagian utama dari tujuan agama.
"...dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa dan jangan  tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan", kata Amasrul mengutip Al-Quran Surat Al-Maidah ayat 2.
Dikatakannya, Pemerintah Kota Padang melalui PMI Kota Padang telah memberikan apresiasi kepada para pahlawan kemanusiaan tersebut berupa hadiah paket ibadah umrah. Sebanyak 14 orang pendonor terbanyak telah menerima
paket umrah tersebut. 
"InsyaAllah tahun ini Pemko Padang akan memberikan lagi 5 paket ibadah umrah bagi pendonor yang muslim dan 1 paket perjalanan religius bagi pendonor non muslim", kata Amasrul.
PMI Kota Padang yang diwakili oleh Direktur Unit Transfusi Darah dr. Widyarman mengucapkan terima kasih kepada organisasi, instansi dan institusi lainnya yang telah berpartisipasi mengadakan kegiatan donor darah. Hasilnya lebih dari 4.000 kantong darah yang terkumpul pada tahun 2018. (yd)