Dinas Pariwisata Kota Padang melaksanakan sosialisasi "sadar wisata Pesona Kota Padang tahun 2019


Betrtan Padang - Hari ini Dinas Pariwisata Kota Padang melaksanakan sosialisasi "sadar wisata Pesona Kota Padang tahun 2019", dalam rangka meningkatkan kepercayaan dan tingkat kunjungan wisatawan ke Kota Padang, Selasa (23/4) disalah satu hotel Kota Padang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang melalui Kabid Pemasaran Junie Nursyamza mengatakan, sosialisasi kepariwisataan ketengah masyarakat sangat penting. Karena yang dijangkau disini adalah peran serta dan kesadaran masyarakat dalam menentukan keberhasilan pengembangan kepariwisataan Kota Padang  untuk jangka panjang.

Dan hal ini diperkuat dengan Peraturan Walikota Padang No. 23 tahun 2019

Kabid Destinasi Usaha Industri Pariwisata (DUIP) Andree Algamar

Sementara Kabid Destinasi Usaha Industri Pariwisata (DUIP) Andree Alamat sebagai pemateri turut menambahkan, bahwa kepariwisata Kota Padang kalau tidak dikemas dengan baik, maka akan ditinggalkan oleh wisatawan. Hal ini dapat kita lihat pada beberapa tahun sebelumnya, dimana keberadaan tenda-tenda ceper disepanjang pantai Padang terlihat semraut, dan tidak terkelola dengan baik, sehingga berdampak terhadap tercorengnya brand image pariwisata Kota Padang.

Nah, hal ini perlu juga dukungan dan ketegasan dari pemerintah daerah dalam hal melaksanakan aturan aturan, yang sifatnya dalam penegakan aturan jangan hanya sesaat, tetapi harus berkelanjutan.  

Untuk mendukung keberhasilan aturan tersebut pemerintah juga harus memberi ruang terhadap komunitas komunitas masyarakat, baik seniman, para blogger dan Youtuber dalam hal menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung ke Kota Padang.

Selain itu dalam pembangunan kepariwisataan, ada juga tiga unsur pemangku kepentingan yang saling terkait menunjang keberhasilan kepariwisataan tersebut. Yaitu, Pemerintah, Swasta dan Masyarakat sesuai dengan peran dan fungsiya masing-masing.

Karena masing-masing ketiga pemangku kepentingan tersebut tidak dapat berdiri sendiri, tanpa saling bersinergi dan melangkah bersama-sama untuk mencapai dan mewujudkan tujuan dan kemajuan pembangujan kepariwisataan itu sendiri, jelasnya.