Peringatan Hari TBC Dunia, di Padang Terdiagnosa positif TBC 476 orang


Beritatransisi.com (Padang). 


Tuberkulosis TBC menyebar dengan mudah melalui udara. Ketika orang yang terinfeksi TBC    dia  batuk, bersin, berbicara atau meludah, mereka mengeluarkan bakteri TBC. Hampir semua penularan TBC tersembunyi, pembawanya tak memperlihatkan gejala kalau kita lihat sepintas. makanya  satu orang menderita TBC dapat menularkan 10 orang terutama kontak erat dengan penderita TBC di rumah ketika  melemahnya sistem kekebalan tubuh.
Seperti pagi ini minggu (24/3/2019) Walikota Padang H.Mahyeldi Ansarullah di hadiri Camat Padang Timur Ances Kurniawan ketika memberikan sambutan peringatan hari TBC sedunia tingkat kota Padang dilapangan sepakbola PJKA simpang haru mengatakan. 
Ditingkat global TBC merupakan 1 dari 10 penyakit penyebab kematian. Kasus TBC di Kota Padang tahun 2018 berjumlah 2.358 kasus berasal dari semua layanan kesehatan di kota Padang. Berdasarkan Estimasi maka 78% kasus sudah ditemukan, sdangkan 22% lagi penderita belum mengakses layanan kesehatan.
Penularan penyakit TBC melalui udara dari orang yang sakit TBC kepada orang yang lain ketika berbicara, batuk atau bersin jumlah kuman disaat itu  sekitar 350 kuman malahan ribuan kuman dan jutaan kuman berterbangan. Untuk mencegah penularan penderita TBC harus menutup mulut dengan tissu atau saputangan.disamping itu juga  memperhatikan pencahayaan ventilasi rumah, kelembapan udara serta perilaku hidup bersih dan sehat.
Setiap orang kena penyakit TBC, pemerintah kota Padang telah mengratiskan obatnya sampai pasien sembuh.petugas kesehatan melayani penderita selama pengobatan. Diharapkan kepada keluarga memberikan dukungan, motivasi agar pasien patuh minum obat selama 6 bulan sampai tuntas pengobatannya hingga sembuh.
Atas nama Pemerintah Kota Padang menghimbau kepada semua warga kota Padang untuk berperan aktif dalam penjaringan kasus terduga TBC serta pencegahannya. Kepada semua kepala OPD, kantor, Badan, Camat, Lurah, RW dan RT di kota Padang jika ada warga yang menderita batuh berdahak sudah 2 minggu agar melaporkan untuk diperiksa.tempat pemeriksaanya bisa di Puskesmas dan Rumah Sakit yang ada di Kota Padang.ujar walikota Mahyeldi yang gemar berolahraga itu.
Dr.Melinda Wilma dari Dinas Kesehatan Kota Padang (DKK) selaku pelaksana kegitan hari TBC sedunia tingkat kota Padang melaporkan.tema hari TBC saat ini adalah SAATNYA BEBAS TBC, MULAI DARI SAYA",  dengan tema ini diharapkan dapat menggerakan setiap orang peduli dengan penyakit TBC mulau dari diri sendiri dan keluarga. serta tingkatkan k99epedulian masyarakat untuk berperanserta pencegahan serta pengendalian TBC.
Sebagai gerakan ped
uli TBC di Kota Padang telah dilakukan penjaringan kasus TBC melalui tenaga kesehatan dan kader sejak awal. hasil kerja tanggal 21 Maret 2019 jumlah orang yang sudah diedukasi sebanyak 58.967 orang. Sedangkan terduga TBC telah diperiksa sampelnya berjumlah 4.442 orang, dan yang terdiagnosa Positif TBC sebanayaj 476 orang.katanya. (yz).