Rapat Paripurna DPRD Kota Padang tentang Tutup Masa Sidang I dan Buka Masa Sidang II Tahun 2019.




Betrans.com Padang-Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) kota Padang gelar rapat paripurna istimewa dalam rangka tutup masa sidang satu dan buka masa sidang dua tahun 2019 bersama pemerintah kota Padang, di gedung bundar sawahan, Selasa (30/04/2019).

Acara paripurna tersebut, Walikota Padang diwakili oleh Sekdako Padang, Amasrul menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para penyelenggara pemilu. "Semua pihak agar menjaga kondisi kondusif demi kelangsungan pembangunan di Kota Padang. Kita telah menyepakati 23 ranperda dengan rincian 16 ranperda dari Pemko Padang dan 7 ranperda inisiatif DPRD," pesan Walikota Padang yang yang disampaikan Amasrul sekdako Padang itu.


Sementara itu, untuk fungsi penganggaran, DPRD kota Padang bersama pemerintah daerah telah melakukan pembahasan ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2018, pembahasan ranperda perubahan APBD tahun 2018, pendahuluan RAPBD 2019, laporan realisasi semester pertama 2019 dan semester kedua di tahun yang sama, serta pembahasan ranperda APBD tahun 2019.

"Sedangkan terkait pengawasan, fungsi ini dilaksanakan dengan berbagai kegiatan rapat bersama mitra kerja, rapat dengar pendapat dan rapat dengar pendapat umum. Selain itu juga dilakukan kunker dan reses yang dilaksanakan 1 kali setiap masa sidang," ujarnya.Ketua DPRD kota Padang, Eli Trisyanti, menyampaikan proses peralihan waktu dapat dijadikan sebagai momentuk untuk refleksi diri. Refleksi yang dimaksud mengarah kepada evaluasi pekerjaan selama tahun 2018 dan mempersiapkan diri untuk bekerja lebih baik di tahun 2019 ini.
Khusus di lembaga lefislatif, DPRD kota Padang telah melaksanakan fungsi sebagai lembaga penyusun anggaran, pembentukan perda dan sebagai lembaga pengawasan. Setiap komisi yang ada di DPRD juga telah melakukan pengawasan jalannya pemerintahan melalui rapat kerja dengan SKPD sesuai fungsi, peninjauan lapangan serta bentuk pengawasan lainnya. 

 
"Terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah bekerja sama dengan kami untuk menjalankan roda pemerintahan. Hal ini diharapkan dapat terus kita tingkatkan di tahun 2019 ini dan tahun-tahun selanjutnya. Dengan mengucapkan Bismilahirrahmaanirrahim, kita tutup masa sidang satu dan buka masa sidang dua di tahun 2019 ini," ulasnya.




Selama 2020 mendatang sambung Eli, DPRD pun menargetkan dapat melakukan pembahasan  ranperda. Meskipun masuk pada akhir tahun masa jabatan sebagai anggota DPRD periode 2014-2019, namun para wakil rakyat ini, bertekad akan tetap fokus dalam bekerja dan melanjutkan amanah yang dibebankan kepada mereka.





"Tiga fungsi DPRD, kami akui telah dijalankan dengan baik. Bahkan sinergi yang dibangun bersama pemerintah, kita harapkan dapat membawa kota Padang ke arah yang lebih baik demi kamajuan dan kesejahteraan masyarakat," tutupnya.(*)