Akibat Hujan Deras Banjir Melanda Kabupaten Agam

Betrans.Agam (Sumatera Barat)-Hujan lebat yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Agam, Selasa, (11/6/2019) siang hingga sore tadi mengakibatkan sejumlah bencana menerpa kawasan tersebut.

Seperti disampaikan Kabid. KL BPBD Agam Wahyu Bestari, dan Lukman Syahputra, staf Pusdal Ops.BPBD Agam pada wartawan, serangkaian bencana yang terjadi, akibat hujan deras yang terjadi selama dua jam mulai pukul 15.00 WIB tadi siang.


Ada 10 titik lokasi bencana yang terjadi dalam waktu hampir bersamaan di tiga kecamatan berbeda, seperti banjir bandang yang membawa lumpur ke jalan setinggi 10 -30 cm dan halaman serta teras mesjid istighfar Galapuang setinggi 10 -30 cm di Jorong Galapuang, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya.

Pohon tumbang yang menutupi akses jalan terjadi di Lapau Simpang, Nagari Ampek Koto Palembayan, Kecamatan Palembayan.

Selanjutnya, ada 3 titik longsor menutupi akses jalan provinsi di Jorong Tantaman, Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan.

Ditambahkan,  banjir merendam 5 unit rumah warga di Kampung Dagang, Jorong Malabur, Nagari Bawan Kecamatan Ampek Nagari,  setinggi 30-40 cm.


Tak hanya itu,  8 unit rumah warga di depan kantor camat Ampek Nagari, Nagari Bawan ikut terendam banjir.

Terakhir, sejumlah areal perkebunan dan perternakan di Jawi Tanyak, Jorong Pasar Bawan Kecamatan Ampek Nagari juga direndam air.

Serangkaian bencana yang terjadi sepanjang siang tadi mengakibatkan akses jalan yang terputus dan banjir merendam sejumlah rumah dan sarana vital lainnya, telah ditangani oleh tim gabungan BPBD Agam. Dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. (Jn.son)