Tutup Secara Resmi PIDBF XVII, Sekda Padang: Festival Ini Akan Tetap Digelar dan Terus Dievaluasi


Betran padang - Dragon Boat Intersional Padang XVII atau Padang International Dragon Boat Festival (PIDBF) ditutup secara resmi, oleh Sekda Kota Padang Amasrul. Ahad (04/08/2019). di tribun garis finish Banjir Kanal GOR H. Agus Salim Padang,  Tim dayung Indonesia berhasil mendominasi dan meraih juara umum.
Sekretaris Daerah Kota Padang, Amasrul di sela penyerahan tropi dan pengalungan medali menyebut event ini setiap tahun akan terus dievaluasi. Hal itu supaya memberikan dampak signifikan terhadap tujuannya, yaitu meningkatkan kunjungan pariwisata dan memacu prestasi.
FB_IMG_1564916517732
"Festival perahu naga akan terus digelar sembari dievaluasi, agar tahun-tahun mendatang lebih ditingkatkan kualitas pelaksanaannya," tegas Sekda.
Dikatakan, Kota Padang memiliki potensi alam yang memungkinkan untuk pengembangan olahraga dayung perahu naga. Dengan demikian akan melahirkan atlet-atlet berprestasi di maaa akan datang.
Lebih lanjut, menurut Sekda Padang itu, event ini salah satu potensi nasional yang memiliki multi efek positif. Selain berdampak dalam pengembangan olah raga dan kepariwisataan, juga membawa efek terhadap perekonomian sektor ril, serta potensi pesisir dan kebaharian.
"Potensi sektor ril dan potensi pesisir kebaharian dengan sendirinya terberdayakan melalui event ini," ujar Amasrul.
Terakhir, Amasrul menyampaikan apresiasi terhadap seluruh panitia atas kerja keras dan dedikasinya dalam penyelenggaraan event itu. Dia juga berpesan agar di masa mendatang pelaksanaan festival perahu naga lebih baik dengan inovasi - inovasi menarik.
"Di masa mendatang agar ada inovasi terhadap penyelenggaraan festival perahu naga sehingga lebih menarik," tukas dia.
FB_IMG_1564916542815
Tahun ini, peserta internasional diikuti tim dari Negara Qatar, Filipina, Inggris, Singapura, Malaysia dan Indonesia.Peserta Nasional ada 7 PODSI daerah yang mengirim pesertanya yaitu,  Indragiri Hilir Riau, Rambahan Batanghari, Muaro Jambi, Kota Pekanbaru,  Kampar dan SMA Olahraga Riau serta Sumbar dan Kota Padang.
Tim dalam Provinsi Sumbar diikuti oleh 7 Kab/Kota terdiri dari Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Padang, Bukittinggi, Satpol PP Kota Padang, Dharmasraya dan Sijunjung yang rencananya akan mengikuti semua kategori nomor perlombaan serta Antar Kesatuan di lingkungan TNI rencananya diikuti oleh 8 tim dari berbagai kesatuan dari Matra Darat, laut dan Udara.
Hadiah disediakan sebesar Rp. 195.000.000, dan perlombaan ini berlangsung selama 4 hari.