Breaking News

Gelar PKKMB, Mahasiswa Baru UMMY Solok Dapat Bekal Nasionalisme dan Berdaya Saing Tingkat Nasional

Betrans.Solok. mahasiswa  baru Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok (UMMY) mengikuti program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2019 di aula  kampus 1 UMMY Solok Jalan Jendral Sudirman Nomor 6 Kota Solok.Senin.23 September 2019

Para mahasiswa tersebut mendapatkan bekal sebelum mereka menempuh kehidupan baru di dunia perguruan tinggi. Tentunya ada sejumlah materi yang dipaparkan. Dimana pembahasannya lebih mengenai bagaimana kehidupan kampus serta bekal kepada mahasiswa untuk lebih cinta tanah air.

Wakil Rektor 2 UMMY Solok yang juga dosen FKIP Prodi Bahasa Indonesia DR.Zona Rida Rahayu.M.Pd saat dijumpai media ini mengatakan, PKKMB kali ini fokus kepada agar mahasiswa cinta tanah air. Kemudian sesuai dengan visi misi Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok bahwa mahasiswa harus berdaya saing tingkat nasional.

Selain itu pengenalan akan budaya dan jati diri bangsa ujar Zona juga diperlukan. Sehingga mahasiswa tidak kehilangan budayanya sendiri. Apalagi sekarang jelasnya literasi budaya sudah sangat luas.

Dalam PKKMB itu pula ujarnya akan ada indikator yang melihat bagaimana daya tangkap mahasiswa baru mengenai pembelajaran yang dipaparkan. Sehingga akan diketahui sebanyak apa pemahaman mahasiswa baru dalam melihat dan mengenal dunia kampus serta isu-isu terkini.


Pada acara yang berlangsung hingga 28 September 2019 Wakil Rektor II menerangkan, PKKMB juga untuk memberikan motivasi sekaligus antisipasi pada mahasiswa agar tidak melakukan hal-hal yang dianggap menjerumuskan pada perbuatan negatif. Di antaranya tidak menyebar hoax, tidak menggunakan narkoba dan menghindari pergaulan bebas.

Selain itu kecintaan tanah air dan kedisiplinan pun juga dibekali. Apalagi pemateri merupakan para aparat negara bahkan ada pula dari BNN dan akademisi.

"Jadi tujuannya utamanya adalah pembinaan karakter. Dimana mahasiswa baru mendapatkan pembinaan karakter pada awal kuliah," ucap Zona.

Terlepas dari itu, saat ini UMMY Solok telah memiliki empat Fakultas.Fakultas FKIP. Fakultas Faperta. Fakultas Ilmu Hukum.dan Fakultas Ekonomi.Dan 12 prodi yang ditawarkan.sembilan puluh persen dari Semua jurusan tersebut telah memiliki akreditasi B.

Lulusan dari UMMY Solok sudah banyak yang bekerja diberbagai  perusahaan maupun menjadi ASN di Sumbar maupin diluar Sumbar Bisa dikatakan, para mahasiswa di perguruan tinggi itu adalah pelajar unggulan yang bisa langsung terjun ke dunia kerja. Selain itu, kampus juga menawarkan beasiswa bidikmisi yang membuat sebagian mahasiswa tidak khawatir lagi akan biaya kuliah.

"Saat ini kami juga sedang melakukan reakreditasi. Dari akreditasi sangat baik menuju unggul. Kami sudah menyiapkannya dan berharap pada tahun berikutnya UMMY Solok akan terkareditasi A," ucapnya.

Adanya PKKMB ujar Zona juga menjadi satu bagian dalam persiapan reakreditasi tersebut. Ia berharap para mahasiswa di UMMY Solok ke depan mampu bersaing dan mendapatkan bekal pengetahuan untuk terjun ke dunia kerja.(yen)
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi