Halim Antoni Harumkan Nama Lima Puluh Kota Ditingkat Nasional



Betrans.com lima puluh kota- Berkat kegigihan dan kesuksesannya dalam mengambangkan inovasi di bidang pertanian, terutama pada bidang hortikultura cabe dan aneka sayur lokal di daerahnya, Halim Antoni petani berprestasi asal Kenagarian Limbanang, Kecamatan Suliki Kabupaten Limapuluh Kota berhasil menggondol penghargaan Petani Berprestasi Tingkat Nasional 2019 yang diberikan oleh Kementerian Pertanian RI.

Salah satu inovasi unggulan Halim Antoni yang menarik perhatian pemerintah pusat adalah keberhasilannya dalam memurnikan bibit unggul cabe lokal yang ia beri nama Lokal Talang Barangkai(Lotanbar). Dimana Ia mengatakan, Cabe Lontanbar ini memiliki beberapa keunggulan dari cabe lainnya diantaranya, cabe tersebut dapat berbuah dari satu disatu cabang batang, memiliki perawatan yang mudah dan murah, memiliki umur yang panjang dan tahan pada beberapa penyakit yang sangat ditakuti petani cabe.

"Alhamdulillah inovasi ini telah saya kembangkan sejak tahun 2009 dan sekarang inovasi ini telah berbuah manis dengan diraihnya penghargaan tingkat nasional ini dari Kementerian Pertanian RI," ujarnya saat diwawancarai di Rumah dinas Bupati, Labuah Basilang, Senin (23/9/2019) malam.

Menurutnya, prestasi yang berhasil ia raih tersebut tak lepas dari adanya peran bantuan serta arahan Bupati Irfendi Arbi melaui dinas Holtikultura dan Tanaman Pangan Limapuluh Kota. "Penghargaan ini diraih juga dengan adanya bantuan serta peran dari pemerintah daerah dalam pengembangan inovasi ini, semoga kedepan nama cabe dapat kita patenkan,"sambungnya.

Ia menambahkan, selain inovasi pemurnian cabe Lontanbar, ia juga menciptakan inovasi pengembangan pada cabe unggulannya tersebut. Ia mengatakan, salah satu inovasinya adalah penanaman bibit cabe Lontanbar tersebut dengan memakai wadah payung memanfaatkan kemasan minuman ringan hal tersebut guna melindungi cabe tersebut dari gangguan serangga, inovasi ini ia namai dengan Payung Cabai Lotanbar atau disingkat (Pacar). Selain itu ia juga menciptakan inovasi yang dinamai Selimut Aman Lotanbar (SELAMAT) pada tanaman Cabai unggul tersebut.

Ditempat yang sama Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi pada saat itu sangat mengapresiasi prestasi yang diraih oleh Halim Antoni tersebut. Ia berharap, prestasi yang diukir petani hebat ini mampu menular kepada petani lainnya di Limapuluh Kota.

" Selamat saya ucapkan kepada Halim Antoni atas prestasi yang diraih, saya sangat bahagia hari ini bertemu petani andalan Kabupaten Limapuluh Kota ini,"ujar Bupati.

Irfendi berharap, predikat petani berprestasi tingkat nasional yang diraih Halim Antoni ini mampu memberikan motivasi dan memacu semangat petani didaerah ini untuk ikut membuat inovasi lainnya yang dapat meningkatkan produksi dan keuntungan usaha taninya sehingga perekonomian masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota dapat meningkat.

Ia menambahkan, Pemerintah Daerah akan terus mendukung pengembangan inovasi yang dilakukan oleh Halim Antoni ini. "Kita berharap ilmu dan pengalaman Halim ini terus dikembangkan dan dapat disebar juga kepada petani lainnya didaerah kita, sehingga pengembangan dari inovasi ini dapat terus berkembang,"pungkasnya.(rel/ul)