Inilah Rute Etape TDS I Dan V di Kota Pariaman



Betrans.com Pariaman - Tercatat sebanyak 24 negara termasuk Indonesia telah mendaftar untuk mengikuti Tour De Singkarak (TDS) 2019 yang digelar di Sumatera Barat. Untuk jumlah peserta diikuti oleh 200 orang peserta dari 20 tim yang akan berkompetisi.
TDS dimulai pada tanggal 02-10 November 2019 dengan mengikuti sembilan etape yang telah ditetapkan oleh penyelenggara. Sembilan etape tersebut adalah Etape I: Kota Pariaman-Tanah Datar. Etape II: Pasaman-Bukit Tinggi. Etape III: Payakumbuh-Sawahlunto. Etape IV: Limapuluh Kota-Dharmasraya. Etape V: Kabupaten Solok-Agam. Etape VI: Padang Panjang-Solok Selatan. Etape VII: Kayu Aro-Kerinci, Etape VIII: Sungai Penuh-Pesisir Selatan. Etape IX: Pesisir Selatan-Padang.
Para atlet balap sepeda tersebut akan menempuh jarak 1.317,3 kilometer selama perlombaan TDS 2019 berlangsung. Untuk Kota Pariaman sendiri sebelum peserta TDS memulai Etape I lomba balap sepeda, peserta terlebih dahulu akan mengadakan Route Loop TDS.
Route Loop TDS dimulai dari Pantai Gandoriah-Hotel Nan Tongga-Simpang Lampu Merah Kampung Pondok – Simpang Tabuik – Simpang Sianik – Simpang Gelombang – Simpang LLAJ – Simpang Taratak – Simpang Kampung Baru – Simpang Kampung Kaliang – Jembatan Muaro Sunur – Pantai Sunur – Pantai Kata – finish Pantai Gandoriah.
Untuk Route Loop peserta balap sepeda ini juga bisa menikmati keindahan alam yang ada di Kota Pariaman, khususnya melihat wisata bahari yang terhampar sepanjang pantai yang mereka lewati. Kemudian balap sepeda ini juga menjadi potensi wisata bagi para wisatawan atau pengunjung yang ikut menyaksikan TDS di Kota Pariaman.
Setelah Route Loop dilakukan, jam 10.00 wib peserta TDS memulai Lomba TDS Etape I yang dimulai dari Pantai Gandoriah – Simpang Amadin Kampung Pondok – Simpang Tabuik – Simpang Sianik – Simpang Gelombang – Simpang LLAJ – Simpang Lapai – Simpang Jaguang – Kurai Taji – Batas Kota, dengan jarak tempuh di Kota Pariaman lebih kurang 20 Kilometer.
Sementara itu peserta balap sepeda TDS akan kembali melewati Kota Pariaman pada Etape V tepatnya Rabu 06 November 2019. Di Etape V ini, TDS dari Kabupaten Solok menuju Agam, route ini juga kembali melewati Kota Pariaman. Kota Pariaman dari Sicincin melewati Dusun Sampan Desa Pungguang Ladiang – Simpang Jaguang – Simpang Lapai – Simpang Jati – By Pass Pariaman – Simpang Apar – Padang Biriak-Biriak – Batas Kota.
Untuk itu dihimbau kepada seluruh masyarakat Kota Pariaman, agar ikut menyukseskan TDS ini, dengan tidak melepaskan ternak di jalanan dan memasang tenda pesta atau yang lain di jalan-jalan yang akan dilewati oleh peserta. (*)