Breaking News

Puskesmas Mandiangin Lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk



Betrans.com SAROLANGUN - Memasuki musim penghujan saat ini, Puskesmas Mandiangin meminta seluruh bidan desa untuk menggerakkan masyarakat dan berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk melakukan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Kegiatan itu diharapkan dilakukan minimalnya satu kali dalam satu pekan (seminggu), guna untuk memberantas sarang nyamuk yang bisa menyebabkan penyakit, salah satunya penyakit demam berdarah (Dbd) yang rawan pada saat musim hujan apalagi wilayah terkejan banjir.

"Antisipasi dari puskesmas, saya sudah menginstruksikan kepada seluruh bidan desa, wilayah kami ada 18 desa untuk standby ditempat, kedua dia harus berkoordinasi dengan desa setempat untuk memberdayakan kader desa siaga ya," kata Kepala Puskesmas Mandiangin, dr Yoga, belum lama ini.

"Yang jelas pada musim penghujan ini adalah penyakit dbd, saya berharap untuk pihak di desa untuk seminggu sekali melakukan psn atau pemberantasan sarang nyamuk atau yang dikenal jumat sehat atau minggu sehat, yang penting selama seminggu itu ada satu kali dilakukan untuk pemberantasan nyamuk, "kata dia menambahkan.

Kemudian, ia juga meminta agar seluruh bidan desa dapat segera berkoordinasi dengan pihak puskesmas jika sewaktu-waktu ditemukan masalah kekurangan obat-obatan, khususnya dalam antisipasi timbulnya penyakit yang dialami masyarakat pada musim penghujan saat ini.

"Kemudian kalau ada obat-obatan yang kurang segera minta ke Puskesmas. Daerah rawan banjir ini, sekarang ini kita waspada terhadap dampak banjir, kemudian kita sudah instruksikan kepada bidan desa untuk menyiapkan semua peralatan obat-obatan agar terpenuhi semuanya, kemudian bekerja sama dengan pihak desa, kalau ada masalah ketika datangnya banjir. Kepada masyarakat agar waspada terhadap banjir, kalau ada yang sakit segera berobat ke fasilitas kesehatan terdekat, "katanya.( Ikfen)
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi