Breaking News

Pemilihan Ketua BPD Sukses Setelah Pimpinan Sementara All Put



Betras.com Sarolangun,Jambi-Pemilihan Ketua BPD Desa Lubuk sepuh molor hampir 3 jam dari jadwal yang telah  .Nyaris tertunda ,dilaksanakan dan dihadiri 5 dari 9 anggota resmi BPD, acara berlangsung di Balai Desa Lubuk Sepuh Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun ,pada Rabu malam (27/05) sekira pukul 22.30 Wib.

Usai resmi dilantik 9 orang BPD Desa Lubuk Sepuh beberapa bulan lalu ,tepatnya  pada tanggal 12 maret 2020 ,dengan masa jabatan selama 6 (enam ) tahun.Selang waktu dua bulan lebih ,pemilihan Ketua sempat tertunda pada bulan Maret lalu,akhirnya pelaksanaan pemilihan Ketua BPD dapat dilaksanakan pada rabu malam (27/05) dimulai sekira pukul 19.30 bertempat dikantor Desa Lubuk Sepuh Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun.

Pada pemilihan Ketua BPD Desa Lubuk sepuh kali ini terdiri 2 orang calon Sopian dan M.Hatib.Acara Dipimpin oleh Sopian selaku pimpinan sementara pelaksanaan pemilihan dan Nurmaini selaku wakil pimpinan Sementara.

Molor hampir 3 jam hingga pukul 22.30 Wib acara belum bisa dilaksanakan menunggu 3 orang anggota BPD lainnya yang masih belum datang ,sesuai undangan awal acara dimulai sekira pukul 19.30 Wib.

Diawal acara sebelum tinggalkan ruangan Balai Desa sekira pukul 21.00 Wib ,Sargani selaku Kepala Desa Lubuk sepuh yang ikut hadir sempat bersitegang dan adu argumen dengan anggota BPD yang hadir.Kades sempat meminta kepada anggota forum agar pemilihan ditunda karena 3 anggota BPD tidak hadir .

Selanjutnya,setelah Kepala Desa Lubuk sepuh meninggalkan ruang rapat ,salah satu dari dua kandidat calon Ketua BPD juga sebagai pimpinan sementara rapat pelaksanaan pemilihan ketua BPD .Sopian bersikeras meminta kepada forum agar pelaksanaan pemilihan ditunda hingga hari Senin mendatang dengan alasan yang sama dengan Kepala Desa , 3 anggota BPD (Ropi'i ,Gusminar dan Huswatun Hasanah) tidak hadir.

Kemudian ditegaskan oleh 5 anggota BPD yang hadir dan Disepakati acara pemilihan tetap dilaksanakan tidak bisa ditunda.
Sesuai kesepakatan anggota yang hadir setuju pemilihan dilanjutkan , dari jumlah 9 orang anggota BPD terpilih itu telah hadir 5 orang ,kehadiran anggota sudah melebihi 50 persen dari jumlah suara.

Akhirnya sekira pukul 22.30 Wib pemilihan Ketua BPD Desa Lubuk Sepuh terlaksana tanpa Pimpinan Sementara.

Setelah penuh pertimbangan sesuai kesepakatan anggota yang hadir, Nurmaini selaku Wakil pimpinan sementara mengambil alih pimpinan rapat ,menimbang Sopian selaku pimpinan sementara telah keluar meninggalkan ruangan sebelum acara pemilihan dilaksanakan.

Pemilihan dilaksanakan secara Vooting , menang mutlak secara vooting sebagai Ketua BPD adalah Muhammad Hatib ,Wakil Ketua BPD M.Nasri dan Sekretaris BPD Nurmaini.

Setelah acara pemilihan ,Muhammad Hatib selaku Ketua BPD terpilih menyampaikan kepada Wartawan bahwa pemilihan Ketua tetap dilaksanakan tanpa Dipimpin Pimpinan sementara.
"Pimpinan sementara keluar dan meninggalkan ruangan atas kemauannya sendiri karena kehadiran sudah 50 persen lebih dari total seluruh anggota ,Disepakati pemilihan tetap berlanjut"Tegas Muhammad Hatib.

Dilanjutkan oleh ketua BPD terpilih ,meski dihadiri oleh 5 orang ,itu sudah cukup sesuai prosedur dan aturan yang berlaku.
"Pemilihan ini dilaksanakan sesuai dengan prosedur"pungkas Hatib.

Ditambahkan beliau,selaku Ketua BPD terpilih siap mendukung Kepala Desa dalam menjalankan pembangunan serta roda pemerintahan Desa kedepan.
"Saya selaku ketua BPD terpilih siap mendukung sepenuhnya Kepala Desa Lubuk sepuh menjalankan roda pemerintahan serta  pembangunan Desa kedepannya"Ujar Ketua terpilih BPD Muhammad Hatib.

Disini berdasarkan pantauan media ini,jalannya pemilihan terkesan adanya unsur kesengajaan pembatalan ,seperti terlihat usulan yang disampaikan Kepala Desa agar pemilihan Ditunda,padahal seharusnya dengan kehadiran 6 orang anggota BPD sudah melebihi 50 % kehadiran,seharusnya Kades mendukung agar pemilihan tetap dapat dilaksanakan mengingat anggaran Desa terganjal akibat Ketua BPD belum Terpilih.

Terlihat indikasi kejanggalan tidak sampai disitu, setelah kehadiran anggota sudah melebihi 70 persen selaku pimpinan sementara sesuai kesepakatan anggota yang ahdir agar pemilihan segera dilaksanakan,pimpinan sementara minta ditunda hingga Senin. Bukan melanjutkan acara pemilihan,malahan Sopian selaku pimpinan sementara keluar meninggalkan ruang rapat sebelum acara dilaksanakan, terkesan keputusan yang diambil memihak ke arah tertentu,terkesan berat sebelah dan terindikasi adanya unsur kesengajaan juga dinilai lepas dari tanggung jawab selaku pimpinan rapat.

Berikut nama-nama 5 anggota BPD yang hadir dan 3 tidak hadir serta 1 All Out :

Hadir :
1.Muhammad Hatid  2.Sahrial 3.Alpendi  4.M.Nasri  5.Nurmaini

Tidak Hadir :
1.Ropi'i  2.Gusminar  3.Huswatun Hasanah

All out :
1.Sopian

Hingga acara pemilihan selesai berjalan lancar situasi aman terkendali,terlihat hadir dalam acara 3 orang Kadus dan 2 orang Ketua Rt beserta Sekretaris Desa Lubuk Sepuh beserta Tomas. (Pen)
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi