Breaking News

"Banang cafe" Zonasi Wisata Kuliner Kebanggaan Anak Nagari Nanggalo

Betrans.Padang.(Sumbar)~ Upaya peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kota Padang, khususnya daerah Nanggalo terus menggeliat. Dengan hadirnya Koperasi Rumah Juang Sejahtera (KRJS) yang memiliki anak usaha Banang Cafe berlokasi di jembatan Berok Siteba Padang. Atas kesepakatan dan rembuk warga, tanah kosong yang selama ini semak belukar bahkan terkesan angker di sulap menjadi Batang Aie Nanggalo Cafe (Banang Cafe).

Saat kunjungan awak media ke lokasi, Fernandes selaku ketua koperasi rumah juang yang mempunyai  unit usaha Banang Cafe memaparkan awal berdirinya usaha ini berkat usulan anak nagari dan masyarakat Nanggalo untuk memanfaatkan lahan kosong (vasum) yang selama ini semak dan banyak ditemui bekas kondom satu kantong plastik. Lokasinya gelap,dan sering dijadikan tempat mesum.namun sekarang sudah terang benderang.  kita juga tahu , disini sebelum ada banang cafe tempat ini.
juga sering di jadikan tempat transaksi barang haram, pungkasnya.

Ia melanjutkan, saat launching beberapa bulan yang lalu dihadiri oleh Pembina Koperasi Rumah Juang yang Juga Ketua DPD Partai Nasdem Kota Padang Osman Ayub Wawako Padang Hendri Septa dan beberapa OPD, lurah bahkan anggota DPR RI ibu Hj. Lisda.

"Dengan  hadirnya Banang Cafe disini bisa mengangkat perekonomian anak nagari. Didalamnya ada unit usaha simpan pinjam, suplai bahan kebutuhan pokok juga kita mempekerjakan ibu- ibu dan anak nagari yang nganggur. Untuk, pekerja siang 6 orang dan malam 10 orang", ujarnya.

Alhamdulilah, semenjak di bukanya Banang cafe di bawah asuhan koperasi ini, banyak mahasiswa dan karyawan bahkan kaum milenial untuk menikmati makan siang dan berbelanja disini, imbuh Fernandes.

Toni Hardi Ketua RT02 RW05 Kelurahan Kampung Olo Kecamatan Nanggalo sangat mendukung dan merasa bersyukur atas keberadaan cafe ini.

"Kita bersama masyarakat sangat mendukung keberadaan cafe ini, sebab banyak manfaatnya. Dimana dulunya sebagai tempat maksiat dan transaksi narkoba, Alhamdulillah sekarang sudah tidak ada lagi", ujar Toni.

Terkait ada yang pro dan kontra itu wajarlah ucap Ketua RT. Mungkin mereka tidak memahami dan hanya memandang sebelah mata, padahal banyak manfaat dengan berdirinya koperasi dan cafe disini. Harapan kita kedepan cita-cita untuk menghidupkan perekonomian masyarakat dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Senada dengan Ketua RT, Wan yang juga warga jembatan steba sangat mendukung dengan adanya banang Kafe Berdiri di bekas rimba dan semak belukar yang dulunya terkesan angker dan banyak disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.sekarang sudah terang benderang sejak adanya Banang cafe zonasi wisata kuliner dan tentunya jadi kebanggaan kami  anak nagari nanggalo ungkapnya.

Lebih jauh Fernandes Mengatakan.Disamping itu, kedepan kita akan bikin destinasi wisata permainan air (angsa dayung). "Kita akan koordinasi dengan dinas pariwisata dan badan wilayah air sungai untuk mendukung program wisata air Sungai Nanggalo. Nantinya, seluruh hasilnya dikelola oleh koperasi dan sudah tentu para pekerjanya anak nagari yang berada di seputaran Nanggalo.(sye)
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi