Breaking News

Irwan Basir Dt Rajo Alam Dampingi Tim Penilai Kampung Tageh di Delima Belimbing

 Ki




 Betrans.com- Sumbar Setelah ditetapkannya Komplek Delima Blok A, Belimbing sebagai Juara I Kampung Tangguh tingkat Kota Padang dan berhak melaju ke tingkat Propinsi, pada Senin (18/1) di kunjungi tim penilai dari Mapolda Sumbar, untuk meninjau langsung sekaligus melakukan penilaian.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Wawako Padang Hendri Septa, Kasat Binmas Polresta Darto, Ketua MPA KAN Kuranji Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM, Camat Kuranji Eka Putra Buhari, FKAN Pauh IX, Ketua KAN Suardi Rajo Bujang, Kapolsek Kuranji Sutrisman, Lurah Kuranji Kasma Efendi, Ketua BMPN Pauh IX M. Fikar Dt. Rajo Magek, S. Ag, MM, M.Pd yang juga Ketua Pembina Kampung Tageh dan tokoh masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya, Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM yang juga Pelindung Kampung Tageh mengatakan, peristiwa Covid-19 satu  tahun belakangan ini melumpuhkan segala aspek kehidupan kita, baik dari segi sosial masyarakat, ekonomi, aspek religi bahkan aspek kesehatan.  "Dengan adanya Kampung Tageh ini, merupakan sebuah langkah yang tepat dalam upaya pemberdayaan masyarakat dalam rangka menciptakan dan meng-aplikasikan potensi lokal yang ada pada nagari," jelasnya lagi.

 Dt. Irwan Basir yang juga Ketua MPA KAN Pauh IX menbahkan, seperti diketahuai Kuranji merupakan daerah yang masih banyak sektor pertaniannya, perikanan, peternakan tentunya hal ini bisa memenuhi ketersediaan pangan. 

Ditambahkannya, meskipun masyarakat kita heterogen, namun mereka dibingkai dalam satu kesatuan saling bekerjasama sehingga mampu mengatasi dan menanggulangi masyarakat yang terdampak Covid-19.

Lebih lanjut Datuk Irwan Basir menambahkan, semasa pandemi ini mereka badoncek untuk membantu bahkan ada panggilan jiwa memberikan bantuan beras hampir 20 ton, sembako dan masker. Artinya, rasa kepedulian yang tinggi berkontribusi dari potensi kearifan lokal untuk saling berbagi.

"Bagusnya, disini ada Kampung Logistik siaga bencana, budi daya ikan, peternakan sapi dan lainnya. Ini bisa dijual dengan harga terjangkau. Disamping itu, ketahanan panganpun bisa terwujud," pungkas Datuk IB lagi.

Oleh karena itu, penilaian kampung tageh ini dan Komplek Delima Belimbing-Kuranji mewakili Kota Padang, kita berharap dengan tageh ekonomi, tageh informasi, tageh kesehatan dan tageh segi keamanan benar-benar terwujud. Kita berharap, semoga menjadi juara satu tingkat propinsi, pinta Datuk IB.

Sementara itu Ketua BMPN Pauh IX Kuranji M. Fikar Dt. Rajo Magek, S.Ag, MM, M.Pd, mengungkapkan rasa haru dan bangga atas prestasi yang telah diraih Blok A Delima Belimbing dan sekaligus bisa mewakili Kota Padang mengikuti lomba Kampung tageh di tingkat privinsi.

"Kita optimis mampu mewujudkn Nagari Tageh, baik tageh dibidang ekonomi, keamanan, kesehatan, informasi dan lainnya, Sehingga tim penilai tingkat Provinsi Sumbar dapat memberikan apresiasi yang untuk  perjuangan dan usaha warga di Delima Belimbing ini," urainya lagi.

"InsyaAllah kita optimis bisa meraih peringakat I di tingkat Sumbar. Tentu nantinya jika Allah Ridho, maka kemenangan ini menjaga 'marwah' Kota Padang di tingkat Propinsi bahkan Nasional," akhirnya M. Fikar.

# DP

PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi