Betran.JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini diagendakan melantik tiga pasangan gubernur dan wakil gubernur masa jabatan 2021 – 2024 di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Hal tersebut telah dikonfirmasi langsung oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi awak media, Kamis (25/2/2021). “Memang betul ada tiga gubernur yang dilantik hari ini” kata Heru.

Heru sekaligus mengkonfirmasi, tiga pasangan gubernur dan wakil gubernur yang dilantik adalah wilayah Sumatera Barat, Kepulauan Riau, dan Bengkulu.

Kepala Biro Humas Setda Sumbar, Hefdi mengatakan perihal pelantikan ini, kehadirannya tamu undangan dibatasi dan harus melalui sejumlah protokol kesehatan secara ketat.

“Dalam pelantikan tersebut, hanya dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Sumbar, penjabat Gubernur yang diundang dan juga keluarga inti isteri dan anak melalui sejumlah protokol kesehatan secara ketat.

“Sebelumnya kita sudah dapat konfirmasi dari Kementerian Dalam Negeri dan Sekretaris Negara,” kata Hefdi.

Ketiga pasang kepala daerah yang akan dilantik oleh Jokowi telah terpilih dalam Pilkada 2020. Adapun diantaranya Gubernur – Wakil Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi – Audy Joinaldy.

Pasangan yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu meraih suara terbanyak di Pilkada Sumbar 2020, dengan mengantongi 726.853 suara atau 32,43 persen.

Selain itu, ada pasangan Gubernur – Wakil Gubernur Kepulauan Riau yakni Ansar Ahmad – Marlin Agustina.

Terakhir, ada pasangan Gubernur – Wakil Gubernur Riau yaitu Rohidin Mersyah – Rosjonsyah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pelantikan akan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta sekitar pukul 10.30 WIB