Breaking News

18.095 Peserta Siap Laksanakan UTBK di UNP

 


Betrans.com- Gelombang 1 pada tanggal 12 sd 18 April 2021 dan Gelombang II tanggal 26 April sd 2 Mei 2021. 

Jumlah peserta UTBK yang mengikuti ujian di UNP tahun ini berjumlah 18.095 peserta, angka ini meningkat dibanding tahun 2020 lalu yang diikuti sebanyak 17.740 peserta. Secara lebih rinci, peserta Sainstek sebanyak 6.538 peserta dan Soshum sebanyak 9.056 peserta. Sedangkan peserta kelompok ujian Campuran (Saintek dan Soshum) adalah sebanyak 2.501 peserta. Mata ujian yang akan diujikan ada tiga, TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika dan Biologi), TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi), dan TPS (Tes Potensi Skolastik) untuk mengukur kemampuan kognitif.

Untuk kelancaran pelaksanaan UTBK, UNP menugasi sebanyak 1.743 orang Pengawas dari unsur dosen dan tenaga kependidikan. Para pengawas tersebut akan dikoordinir oleh 100 orang Penanggung Jawab Lokasi dan Wakil Penangung Jawab Lokasi, yang berasal dari unsur pimpinan, Lembaga, Fakultas dan Jurusan. UNP juga melayani peserta UTBK yang berkebutuhan khusus, dengan jumlah 8 orang peserta (1 orang tunanetra dan 7 orang tunadaksa). Untuk memfasiltasi peserta tersebut disediakan pengawas khusus dari Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP-UNP. 

Dalam rangka mendukung proses ujian, Pusat UTBK UNP menyiapkan 910 unit komputer dan 111 unit komputer cadangan, 55 Komputer pengawas, yang tersebar pada 55 laboratorium komputer di 10 lokasi. Jumlah fasilitas tersebut mampu melayani sebanyak 910 peserta per hari.

Dalam pelaksanaan UTBK, UNP menugaskan sebanyak 33 orang Satgas  COVID-19 yang bertanggungjawab dalam penerapan disiplin Protokol Kesehatan. Panitia, pengawas dan peserta diwajibkan untuk selalu memakai masker, mencuci tangan dan mengecek suhu tubuh sebelum masuk ruang ujian. Jika ditemukan peserta dengan suhu di atas normal (37 derajat celcius), peserta akan dirujuk ke fasilitas kesehatan yang telah disediakan UNP. UNP juga melibatkan sebanyak  34  orang tenaga keamanan yang terdiri dari unsur  satpam, dosen dan tendik dan 2 orang polisi per hari dari Polsek Padang Utara untuk menjamin keamanan lokasi dan parkir dan kenyamanan selama ujian berlangsung. 

Informasi lokasi UTBK dapat diakses di website resmi UNP (unp.ac.id ) atau melihat baliho yang disebar di seputar kampus UNP, atau menghubungi langsung Sekretariat UTBK UNP Gedung Rektorat Lantai II. (Humas UNP
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi