Breaking News

Berkat Pokir Zalmadi Shalawat Dulang Kembali Semarak Di Masjid Al Iman di Lolo Gunung Sarik




Betrans.com Padang -Berkat Pokir Zalmadi untuk lestarikan kembali kesenian Islam dalam menyongsong masa depan Shalawat Dulang Mulai Semarak  Tampil di Masjid Al Iman  Lolo  Kelurahan Gunung Sarik Sabtu 22/1/2022.

Dirunut dari sejarahnya, tradisi ini berasal dari Ulakan Pariaman, yang diperkenalkan pertama kali oleh Syeh Burhanuddin, pengembang agama Islam pertama di Minangkabau.

Shalawat dulang juga merupakan salah satu kearifan lokal yang mengandung nilai luhur budaya Minangkabau.

Sekian lama tak di gelar Kini dua group shalawat dulang Bintang Kuranji dan Talago Zam ZAM mulai  Tampil menghibur masyarakat di Lolo gunung sarik .

Shalawat dulang ditampilkan satu Group dengan dua orang pemain yang di gelar sampai Parak siang menjelang subuh.

Menurut ketua Forum Komunikasi Pelestarian Shalawat  Dulang  (FKPSD) Jufriadi terkendalanya pergelaran salawat dulang selama ini adalah masalah dana kini Zalmadi anggota DPRD Padang menganggarkan Pokirnya untuk kelestarian Shalawat Dulang ini .

,"Mudahan berkat Pokir Zalmadi ini Shalawat Dulang Mulai Semarak dan kita berharap masyarakat kembali mencintai Kesenian Shalawat Dulang yang mulai memudar ini," ungkap Jufriadi 





Zalmadi anggota DPRD Kota Padang menuturkan dianggarkan Pokirnya guna melestarikan shalawat dulang yang mulai hilang tergerus era globalisasi jika dibiarkan nantinya masyarakat tidak akan mengenal kesenian Minang kabau yang berbau agama ini.

," Sangat disayangkan kesenian budaya Minang kabau yang sakrar berbau agama ini akan hilang dan tidak dikenal lagi oleh muda mudi kita untuk itu sangat perlu pelestarian dan kita semarakan lagi setiap tahunnya ditengah masyarakat kita mudah mudahan Shalawat dulang ini tetap eksis di tengah masyarakat ,tutur Zalmadi S .hum


Disampaikan Zalmadi Lagi tahun ini ia telah menganggarka untuk 10 Masjid dan Mushala tahun 2022 dan mudah mudahan tahun 2023 kita anggarkan 10 Untuk Rumah untuk shalawat dulang ini, ungkap Zalmadi lagi.

Salah seorang pengurus masjid Suardi MBA  mengucapkan terima kasih kepada Zalmadi yang telah mendukung acara ini mengakui beberapa tahun ini pegelaran shalawat dulang memang sudah tiada penyebabnya keterbatasan dana  karena biaya untuk menjemput group salawat dulang tidak ada Alhamdulillah berkat adanya anggaran dari Zalmadi dari dana Pokirnya mudah mudahan Shalawat dulang yang udah mulai tenggelam ini akan semarak dari Masjid dan mushala tiap tahunnya, ungkap Suardi MBA kepada media ini.


PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi