Breaking News

Reses Pertama Tahun 2022 Zalmadi Terima Aspirasi Masyarakat Kembalikan BAM Kurikum di Sekolah



 Betrans.com Padang- Zalmadi dalam reses Pertama  tahun 2022 bersama group basurah adat menerima aspirasi kembalikan BAM sebagai kurikulum disekolah yang di adakan di halaman rumah gadang Rimbo Tarok kelurahan Gunung Sarik 16/1/2022.


Pada acara tersebut yang dihadiri Hendri Yazid sebagai ketua LKAM Kuranji ,dan bersama tokoh tokoh adat Pauh IX .


Pada kesempatan itu  Zalmadi menyampaikan dalam Reses untuk menyampaikan aspirasi masyarakat yang harus di perjuangkan kedepan , dan selama Reses selalu Spesifik agar apa yang diusulkan tidak ngambang agar apa yang diusulkan jelas mana pokok pikiran yang harus dicurahkan nantinya.


,,"Seperti hari ini kita khususkan bersama tokoh adat kecamatan Pauh IX," ungkap Zalmadi.


Pada kesempatan itu Malin Mudo sebagai tokoh adat menyampaikan aspirasi bagaimana baturah mempunyai sekretariat yang layak yang mempunyai mobiler lemari dan sebuah komputer agar administrasi adat dapat berjalan dengan baik.


,"Banyak yang harus dipersiapkan untuk basurah adat untuk mempersatukan masyarakat disamping harus kepedulian untuk melanjutkan warisan adat dari rang tuo dahulu,"ungkap Malin Mudo


Di kesempatan itu Zamrus Rajo Magek, salah seorang tokoh masyarakat mengungkapkan kerisauannya terhadap kondisi interaksi sosial yang terjadi akhir-akhir. Seperti Kato Nan Ampek, tidak sedikit generasi hari ini yang mulai melupakan etika berkomunikasi di Minangkabau. 


"Ini merupakan ganjalan dalam hati kami generasi tua sejak lama tentang kondisi regenerasi adat dan budaya Minangkabau," ujarnya. 


Sementara Adat dan budaya itu sendiri telah diwarisi sejak lama dari nenek moyang kemudian berlanjut dari generasi ke generasi. Namun kondisi itu kini terganjal dengan perkembangan zaman, dimana adat dan budaya itu dipandang sebagai suatu hal yang usang dan kolot. 


Padahal, adat dan budaya itu pada hakekatnya menciptakan tata tertib dan kedamaian di tengah masyarakat. Jika hal itu terus dibiarkan, maka ke depan adat dan budaya Minangkabau akan hilang ditelan zaman. 


Apa yang disampaikan Rajo Magek itu mendapatkan dukungan dari ketua LKAAM Kuranji Hendri Yazid Dt Rj Diguci. 


"Kita sangat mendukung usulan tokoh masyarakat tersebut, apalagi peran LKAAM memang untuk mensosialisasikan pelestarian budaya dan adat Minangkabau," ujarnya. 


Dia menyebut, secara internal di KUA, khususnya KUA Kuranji, para pengantin baru disuguhi dengan budaya dan adat Minangkabau. 


"Ke depan dengan usulan tokoh masyarakat ini kira akan ikut serta menyuarakannya ke sekolah-sekolah," tuturnya. 


Dalam kegiatan reses itu juga muncul berbagai usulan lainnya, diantaranya kebutuhan Mobiler Sekretariat Basurah Adat, bantuan operasional Basurah Adat, dan Lomba Basurah Adat.

PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi