Breaking News

Gempa Pasaman, 1 Lagi Korban Hilang Ditemukan, 4 Orang Dalam Pencarian




Betrans,Pasaman - Bupati Pasaman, Benny Utama melaporkan kembali ditemukannya satu jenazah korban hilang pada Sabtu sore (26/2). Dengan demikian total korban gempa bumi di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat menjadi sepuluh orang meninggal dan empat orang dalam pencarian. Dimana dari Nagari Malampah, Tigo nagari, Kabupaten Pasaman tercatat enam korban jiwa, empat masih dinyatakan hilang, serta lima orang luka berat dan 36 mengalami luka ringan.



 

"Sore ini satu lagi korban hilang ditemukan. Sesuai arahan Bapak Kepala BNPB dan Pak Wagub, pencarian orang yang masih dinyatakan hilang menjadi prioritas utama kita saat ini," ujar Benny.


Dari Pasaman Barat, Hamsuardi, selaku Bupati mencatat empat orang meninggal, 37 luka berat, dan 310 luka ringan. Ia juga mendata setidaknya sepuluh ribu warga Pasbar saat ini berada dalam pengungsian. Tiga ribu diantaranya diungsikan di halaman kantor bupati.



Sementara mengenai kerusakan rumah dan bangunan, kedua bupati mengaku belum mengantongi data pasti. Hamsuardi mengatakan hingga saat ini pihaknya memperkirakan terdapat 300 rumah rusak berat dengan perkiraan total 2000 rumah terdampak.


"Untuk rumah masih dalam perkiraan, kita masih belum memiliki data pasti karena pendataan kerusakan pasca gempa sejak kemarin terkendala hujan lebat," ungkap Hamsuardi.


Menyampaikan hal yang serupa, Benny Utama memperkirakan hingga saat ini, 30 rumah terdata rusak berat, dan 500 unit mengalami kerusakan ringan hingga sedang.


Terkait hal itu, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengatakan, melalui posko tanggap bencana yang dibentuk, ia menargetkan inventarisasi kerusakan selesai dalam 14 hari masa tanggap darurat, agar rencana bantuan perbaikan rumah dapat segera digulirkan.


"Bersama Danrem, Wakapolda, Bupati Pasaman dan Pasaman Barat, kita akan tetapkan komandan posko hari ini juga, agar pekerjaan dapat dilakukan secara konkret dan simultan."


"Dengan begitu kita juga dapat menargetkan pencatatan kerusakan rumah dapat terselesaikan selama masa tanggap darurat, untuk persiapan pendanaan bantuan perbaikan ke depan," ujar Wagub. (Mc Prov Sumbar)


#Dinas Kominfotik Sumbar

PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi