Breaking News

PERSIRAMI Gagas Silaturahmi Pemain Rago rago Tradisi di Kota Padang Melalui Pokir Zalmadi




 Betrans.com Padang Selenggarakan Silaturahmi Pertunjukan main rago rago yang di gagas Persirami  dihadiri ketua BPNB Unri SS.i  Zalmadi anggota DPRD Kota Padang bersama rang tuo rago rago dan tokoh silat kec Pauh , Kuranji dan Koto Tangah dan menampilkan 10 tim pemain Rago rago di Rimbo Tarok kelurahan Gunung Sarik Minggu 20/1/2022.


Dalam sambutannya Rang tuo Rago rago yang dikenal Buyuang abak  dalam bermain rago rago tidak saja menampilkan seni menyepak bola tapi ada ritual yang harus dilalui sebelum turun kegelanggang yaitu melakukan musyawarah dan mufakat terlebih dahulu antara Rang tuo Rago rago , para pemain dan tokoh tokoh silat , dan itu merupakan suatu etika mufakat sesuai Alu Jo patuiknyo.


Menurut Buyuang abak lagi ia sangat bersyukur dengan  PERSIRAMI yang menghidupkan lagi main Rago rago secara lama  yang arti manjapuik yang sudah hanyuik , manyilam yang tabanam.," menjemput yang sudah hanyut menyilami yang terbenam," ungkap Buyung abak .



Disamping itu Zalmadi anggota DPRD Kota Padang yang menganggarkan Pokirnya untuk kegiatan ini juga menyampaikan dengan adanya pertunjukan ini semoga  kita dapat menyaksikan bagaimana main Rago rago yang seutuhnya yang mungkin sudah 25 tahun tidak pernah disaksikan lagi ,semoga dengan ini dapat kita tumbuh kembangkan kepada generasi muda sesuai harapan kita dan ini juga merupakan ajang silaturahmi antara tim sipak rago dengan tim yang ada di Minangkabau ini.


,'' silaturahmi ini membangun insan manusia dalam keagamaan,menjalin hubungan sesama manusia dan dengan Tuhan yang maha esa,"tutur Zalmadi


Disamping itu kata Zalmadi lagi kita jangan menyalahkan cupak diambil orang lalu dan jalan dialih urang lalu yang jadi pertanyaan apa memang kita yang selalu menjalani jalan tersebut dan mengambil cupak tersebut 


," jangan disalahkan jika kesenian kita di hak patenkan orang lain jadi sebelum terlambat maka kita kembangkan kembali kesenian kita ini kembali, agar jangan sampai hilang ditelan masa" ungkap Zalmadi  lagi



Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB ) Unri SS.i juga mengapresiasi sekali pertunjukan permainan tradisional sipak Rago disampaikan juga jika kekayaan alam suatu saat bisa habis  tetapi deposit kebudayaan seperti sipak rago jika dikembangkan tidak pernah habis dan akan terus lestari jika kita menjiwai dalam kehidupan kita.


,"Makna yang terkandung dalam setiap Aspek kehidupan Yang kita salut dalam sepak rago ada norma norma Yang terkandung dalam permainan ini Ada makna makna dan fungsi dalam sipak rago tersebut yang harus kita teruskan dari genersasi ke genersasi," papar Unri SS.i.



Menurut Ketua Perstuan Sipak Rago Minang Indonesia (PERSIRAMI ) Sudirman SS.i menyampaikan Terima Kasih Berkat Pokir Zalmadi terlaksananya kegiatan ini , Sepak Rago bukan sekedar olahraga biasa, melainkan memiliki nilai dan filosofi kehidupan Sepak Rago adalah permainan anak nagari. Keberadaannya positif dalam menjalin silaturahmi antar anak nagari,


untuk mepertahankan seni tradisi anak nagari tersebut dibutuhkan kekompakan dan kebersamaan. Sehingga tradisi terjaga, generasi muda masih dapat menyaksikan permainan tradisional.


“Kegiatan ini perlu dipertahankan. Jangan sampai mati seni tradisi anak nagari,

Untuk itu, kita berharap kegiatan itu dapat dilakuka secara berkelanjutan. “Bagaimana kekayaan budaya kita dapat diangkat kembali,ungkap Sudirman

 

” Motivasi kami bagaimana permainan anak nagari ini menjadi terpelihara. Keberadaannya tetap dapat kita saksikan. Karena sudah banyak permainan anak nagari yang sudah hilang,”sebutnya.


Dikatakannya, ada banyak permainan anak nagari yang sudah tidak terawat lagi. Karena anak muda sekarang tidak bisa memainkannya, atau memang tidak mau memainkannya.kata Sudirman.

PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi