Breaking News

Enam Keunikan UPT.Perpustakaan Universitas Andalas (Unand)

 



Betrans.com Padang- Perpustakaan merupakan unit kerja yang menyimpan, mengolah dan melestarikan serta menyebarluaskan informasi kepada penggunanya. Menyimpan bermakna bahwa koleksi yang disediakan diletakkan sesuai pada rak yang telah ditentukan sesuai nomor klasnya. Mengolah bertujuan agar koleksi dapat diketahui identitasnya didalam database. Identitas yang dimaksud antara lain pengarang, editor, penerbit, kota terbit dan tahun terbit. Melestarikan mengandung arti bahwa koleksi seyogianya dilindungi dari rayap dan bibliocrime yang dilakukan pengguna perpustakaan. Informasi koleksi perpustakaan disebarluaskan melalui katalog online atau digital library sehingga koleksi perpustakaan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan informasi penggunanya.

            UPT.Perpustakaan Unand merupakan salah satu perpustakaan perguruan tinggi negeri di Kota Padang disamping Perpustakaan Universitas Negeri Padang dan UIN Imam Bondjol.   UPT.Perpustakaan Unand berfungsi mendukung pelaksanaan riset yang dilakukan oleh sivitas akademika melalui penyediaan informasi dan sumber-sumber informasi untuk keperluan penelitian pengguna. Tujuannya agar informasi yang di peroleh melalui perpustakaan dapat mencegah terjadinya duplikasi penelitian.

            UPT.Perpustakaan Unand memiliki keunikan yang khas dibandingkan dengan perpustakaan perguruan tinggi negeri lainnya yang terdapat di Kota Padang. Berikut ini adalah keunikan yang dimiliki oleh UPT.Perpustakaan Unand :

Pertama, Gedung Tertinggi di Kota Padang. Tinggi gedung UPT.Perpustakaan Unand lebih kurang 30 meter. Tinggi gedung UPT.Perpustakaan Unand mengalahkan tinggi gedung Perpustakaan UNP yang tingginya mencapai lebih kurang 20 meter dan Perpustakaan UIN Imam Bondjol yang tingginya lebih kurang 18 meter. Gedung UPT.Perpustakaan Unand memiliki lima lantai dengan layanan yang berbeda. Disamping itu disediakan pula tangga darurat yang bermanfaat untuk menyelamatkan diri dari kebakaran gedung UPT.Perpustakaan. UPT.Perpustakaan Unand memiliki fasilitas pendukung seperti tempat parkir, musala dan jamban serta layanan fotokopi.   

Kedua, Layanan Minangkabau Corner. Minangkabau corner adalah layanan yang memuat informasi tentang adat, budaya, tradisi dan seni Minangkabau. Minangkabau Corner berdiri pada 29 Desember 2015. Minangkabau corner juga merupakan pusat studi budaya Minangkabau (detik.com, 23 Februari 2023). Koleksi Minangkabau Corner terdiri dari buku, kaset dan cakram optik yang berisikan informasi tentang kajian Minangkabau. Minangkabau corner juga merupakan corner yang aktif mengadakan kegiatan disamping American Corner. Kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain Pameran dan Pelatihan Preservasi Khazanah Manuskrip Minangkabau (Oktober 2021), Focus Discussion Group (FGD) Eksistensi Karakteristik Naskah-Naskah Nuruddin Ar-Raniry di Sumatera Barat (Agustus 2022) dan Pameran Iluminasi Naskah Kuno menjadi Motif Batik (November 2022).

Ketiga, Arsitektur Gedung Yang Unik. Arsitektur Gedung UPT.Perpustakaan Unand mirip dengan gedung Rektorat Unand yang didominasi warna abu-abu dan desain atap yang runcing. Atap yang runcing tersebut mewakili local wisdom Minangkabau yang rumah adatnya memiliki struktur gonjong.

Keempat, Layanan Corner Terbanyak. UPT.Perpustakaan Unand adalah Perpustakaan dengan layanan  corner terbanyak di Sumatera Barat. Eksistensi layanan corner di UPT.Perpustakaan Unand terwujud atas kerjasama antara pihak internal dan eksternal. Pihak internal adalah program studi Sastra Minangkabau dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unand sedangkan pihak eksternal yakni Kedutaan Besar Amerika Serikat dan Kementerian dan Lembaga Pemerintah Republik Indonesia seperti Bank Indonesia, SKK Migas dan Bursa Efek Indonesia.

Kelima, Layanan Padusi Corner. Padusi dalam bahasa Minangkabau bermakna perempuan. Perempuan dalam Adat Minangkabau sangat dimuliakan. Padusi juga calon Bundo Kanduang. Bundo Kanduang adalah limpapeh rumah gadang atau penyangga rumah gadang. UPT.Perpustakaan Unand sangat peduli dengan perempuan berkebutuhan khusus terutama wanita hamil dan menyusui. Layanan Padusi Corner bertujuan untuk menunaikan hak pengguna perempuan yang sedang hamil dan menyusui sehingga dalam kondisi hamil dan menyusui masih dapat mengakses informasi di UPT.Perpustakaan Unand tanpa halangan apa pun. Ruang layanan Padusi Corner dilengkapi dengan televisi, ruang laktasi dan koleksi buku popular yang berkaitan dengan kewanitaan.

Keenam, Lounge Karya Ilmiah Dosen Unand. Lounge Karya Ilmiah Dosen Unand merupakan layanan corner yang koleksinya sebagian besar adalah buku karya dosen Unand yang diterbitkan penerbit nasional dan nasional seperti Rajawali Press, Erlangga, Minangkabau Press dan Unand Press. Koleksinya hanya dapat baca ditempat dan tidak dapat dipinjamkan.

            Disamping memiliki enam keunikan, UPT.Perpustakaan Unand juga memiliki prestasi yakni memperoleh akreditasi A pada tahun 2015 dan 2018. Prestasi lainnya memperoleh Anugerah Gemilang Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) atau Nugra Jasadharma Pustakaloka 2021 sebagai peringkat ke empat dalam Indonesia One Search (repository Indonesia).

Kedepan, UPT.Perpustakaan Unand memiliki tanggung jawab yang besar dalam mempertahankan akreditasi dan tetap konsisten berusaha meraih prestasi dalam perlombaan bidang perpustakaan dan kepustakawanan baik yang diselenggarakan oleh PNRI maupun institusi lainnya. Bekerjalah lebih banyak dari orang lain, karena usaha tidak pernah membohongi hasil. Demikian quote Chairul Tanjung, mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

                                                                                                Iswadi Syahrial Nupin

                                                                                             Pustakawan Muda Unand

PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi