Ketua MPR Minta Peternak Tanah Datar Kembangkan Agrowisata



BETRANS BATUSANGKAR –
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meminta petani untuk mengembangkan pertanian menjadi kawasan wisata (agrowisata).
"Saya melihat tanah di sini sangat subur dan di kelilingi pemandangan alam yang indah, maka petani dapat mengembangkan kawasan pertaniannya menjadi agrowisata," katanya saat berkunjung ke Kelompok Tani Boncah Raya Nagari Barulak, Kecamatan Tanjung Baru, Tanah Datar, Sumatera Barat, Sabtu (17/09).
Kunjungan Ketua MPR RI ke lokasi pengembangan ternak kambing di Tanah Datar tersebut dalam rangkaian kegiatan Safari Kebangsaan ke Provinsi Sumbar pada 16 sampai 18 September 2016.
Zulkifli mengapresiasi peternak di nagari tersebut selain mampu membibitkan ternak kambing yang bernilai sampai Rp60 juta per ekor tersebut juga mengembangkan produk susu kambing menjadi olahan pangan yang bernilai gizi tinggi.
Melihat kondisi ternak kambing di sini yang sehat dan besar-besar, Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional ini berniat juga akan mengembangkan di kampung halamannya di Provinsi Lampung.
Ia mengharapkan para peternak di sana juga mengelola pertanian secara umum seperti menanam padi, sayuran, tanaman hortikultura, bahkan buah-buahan yang cocok dengan kondisi tanah.

"Sehingga, bila semua itu ditata dengan rapi, asri dan indah, maka kawasan agrowisata yang menggabungkan pertanian, perkebunan, peternakan dan wisata akan tercipta dan pada akhirnya masyarakat sekitar akan sejahtera," tuturnya.
Sementara, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menyambut baik konsep agrowisata tersebut karena sesuai dengan visi, misi, dan program unggulan pemerintah daerah.
Ia mengatakan program agrowisata berkaitan erat dengan program ketahanan pangan, mengingat tanaman yang ditawarkan dalam konsep itu, juga bisa berfungsi untuk menjaga ketahanan pangan daerah.
"Sebagian besar wilayah Tanah Datar adalah kawasan pertanian dan perkebunan, serta pariwisata, hanya sedikit lokasi pertambangan," kata Irdinansyah.
Bupati menyebut baru-baru ini salah satu nagari di Tanah Datar yakni Nagari Tuo Pariangan dinobatkan sebagai nagari terindah di dunia oleh salah satu media di Amerika Serikat.
Pada kesempatan itu, Bupati mengajak Ketua MPR beserta rombongan di antaranya Anggota DPR RI Asli Chaidir, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, untuk dapat melihat langsung Nagari Tuo Pariangan dan objek wisata Istano Basa Pagaruyung. (Humas-Aris)