Dishubkominfo Agam Raih WTN Tingkat Nasional 2016

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Agam, dianugerahi piala Wahana Tata Nugraha (WTN) tingkat nasional kategori lalu lintas 2016 oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.


Plt Kepala Dishubkominfo Hilman, Rabu (28/9), mengatakan, penerimaan piala WTN ini berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan RI tentang penerimaan penghargaan WTN untuk pemerintah provinsi, kabupaten/kota tahun 2016.



"Keberhasilan dikategori lalu lintas ini atas ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas dengan baik", katanya.



Adapun keberhasilan ini, setelah melalui beberapa kriteria penilaian yaitu, ketertiban berlalu lintas, kurangnya tingkat kecelakaan, lengkapnya alat kelengkapan pengemudi, pemeriksaan kelayakan jalan kendaraan yang dilengkapi dengan surat uji KIR bagi pengemudi, adanya zebra cros, tersedianya halte dan trafig light.



Untuk Provinsi Sumatera Barat, katanya, ada beberapa kabupaten dan kota lain yang menerima piala WTN ini seperti, Kabupaten Solok, Kota Sawahlunto, Kota Solok, Kabupaten Sijunjung, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanahdatar, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Pariaman, Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman.



Menurut Hilman, ini merupakan sebuah prestasi yang baik unuk Provinsi Sumtera Barat, sebab 11 kabupaten dan kota di Sumbar bisa meraih prestasi tingkat nasional dalam satu program.



"Dari kategori lalu lintas ini bukan prestasi yang dikejar, tapi manfaatnya kepada masyarakat luas yang harus ditingkatkan, bagaimana masyarakat bisa mematuhi aturan berlalu lintas hingga keselamatannya terjamin," katanya.


Untuk itu, diharapkan masyarakat lebih menyadari akan pentingnya mematuhi lalu lintas dan memahami petunjuk rambu lalu lintas agar keselamatan dalam berkendaraan lebih terjaga.