Ali Mukhni Raih Kawastara Pawitra dari Mendikbud


Bupati Padangpariaman Ali Mukhni raih penghargaan Kawastara Pawitra dari Menteri Pendidikan Nasional di Solo, Jawa Tengah, Sabtu 15 Oktober 2016. Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Pendidikan Prof. Muhadjir Effendi langsung kepada Bupati Ali Mukhni. Kabupaten Padangpariaman merupakan satu dari 113 kabupaten dan kota yang dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mengiplementasikan Permendiknas 28/2010.


Dalam Permendiknas 28/2010 itu, kepala sekolah dan madrasah ditunjuk melalui seleksi berupa ujian. Jika tidak lulus seleksi, maka seorang guru tidak bisa diberikan tugas tambahan menjadi kepala sekolah. 

Dengan begitu, seorang kepala sekolah memiliki kompetensi mengelola proses belajar mengajar dalam rangka melayani masyarakat di bidang pendidikan. 

''Jika rekrutmen kepala sekolah itu benar, maka kualitas pendidikan akan semakin baik pula,'' kata Bupati didampingi Kabag Humas Hendra Aswara di rumah dinasnya, di Pariaman, Senin, (17/10). 

Kabupaten Padangpariaman kementerian menilai sudah menerapkan ketentuan tersebut dan telah melakukan rekrutmen kepala sekolah dengan pola seleksi ujian. Yang tidak lulus seleksi maka tidak akan diberikan tugas tambahan sebagai kepala sekolah.

Bupati Padangpariaman Ali Mukhni menuturkan, dirinya memang memiliki komitmen tinggi terhadap sektor pendidikan. Pelayanan di bidang pendidikan ditumpukan di sekolah sekolah. Oleh karena itu, sekolah harus dikelola secara profesional. Nah untuk mengelola sekolah secara profesional ini dibutuhkan kepala sekolah yang juga profesional. 

Kepala sekolah profesional ini salah satunya dihasilkan dari rekrutmen yang benar melalui uji kompetensi yang benar pula. 

''Kita punya guru sebanyak 7860 orang, semuanya memiliki kesempatan yang sama menjadi kepala sekolah sesuai mekanisme yang telah ditentukan,'' kata Bupati yang pernah mengajar di SMA 10 Padang itu.