Job Matching 2016, Salurkan Tenaga Kerja di Sumbar


PADANG – Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo menyambut baik pelaksanaan “Job Matching 2016” yang digelar di SMK 1 Lubuk Lintah Padang, 12-13 Oktober 2016.
Menurut walikota, kegiatan seleksi dan rekrutmen tenaga kerja oleh puluhan perusahaan dan industry ini akan dapat menyalurkan tenaga kerja yang ada.
“Kegiatan ‘Job Matching 2016’ ini cukup bagus. Perusahaan memberikan inovasi dan peluang yang bisa ditempati SMK dan tenaga kerja lain. Sehingga tamatan bisa mengakses dengan cepat. Kegiatan ini kita butuhkan karena jumlah tenaga kerja di Sumatesra Barat dan Padang banyak sekali,” ujar Mahyeldi usai pembukaan acara tersebut, Rabu (12/10).
Cukup banyak perusahaan yang ikut dalam ‘Job Matching 2016’ ini. Pameran bursa kerja tersebut menghadirkan 60 perusahaan dan industry. Mereka mencari tenaga kerja yang memiliki 9 bidang keahlian dengan 44 program keahlian dan 135 paket keahlian.
Walikota berharap ke depannya ‘Job Matching’ tidak saja diikuti oleh perusahaan dari Sumatera Barat saja. Akan tetapi juga perusahaan dan industry nasional maupun mancanegara.
“Kita akan libatkan mereka sehingga koneksi dapat terbangun,” terangnya.
Walikota berkeinginan kepala SMK mampu membangun kerjasama dengan perusahaan-perusahaan. Sehingga tamatan SMK dapat masuk ke dalam perusahaan tersebut.
“Kapan perlu tawar menawar apa kualifikasi yang dibutuhkan,” ungkapnya.
Sebab itu, walikota berharap kurikulum SMK mesti diperbarui dan disempurnakan dengan dunia kerja. Kepala SMK mesti mampu membenahi kurikulum dan evaluasi sesuai kebutuhan. “Karena itu kita lihat pasar dan kebutuhan, apa kualitas yang ada. Itu harus dilakukan SMK,” tutur Mahyeldi.(hms)