Kabupaten Lima Puluh Kota Juara Umum Lagi di Ajang Livestock Expo

BETRANS, Limapuluh Kota Sumatera Barat)--Kabupaten Lima Puluh Kota Juara Umum Lagi di Ajang Livestock Expo, Kontes Ternak dan Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2016
Livestock Expo, Kontes Ternak dan Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan Tingkat Provinsi Sumatera Barat merupakan agenda rutin Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang dilaksanakan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat telah dilaksanakan pada tanggal 20 - 22 September 2016 di Lapangan Jambak Kabupaten Pasaman Barat.
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lima Puluh Kota (disnakkeswan) yang mengikuti acara tersebut kembali berhasil meraih Juara Umum. Dengan demikian Kabupaten Lima Puluh Kota telah 3 (tiga) tahun berturut-turut berhasil meraih Juara Umum sehingga Piala Bergilir yang diberikan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat menjadi Piala Tetap untuk Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lima Puluh Kota.
Berikut daftar prestasi yang diperoleh Disnakkeswan Kabupaten Lima Puluh Kota pada kegiatan ini diantaranya sebagai berikut :

Juara I Kategori Anak Sapi Simental Jantan
Juara I Stand Pameran
Juara I Membuat Teh Telur
Juara II Kategori Sapi Simental Jantan
Juara II Kategori Cempe (Penilaian Penampilan dan kelucuan anak kambing)
Juara III Kategori Sapi Simental Betina
Juara III Kategori Anak Sapi Simental Betina
Juara III Kategori Sapi PO Jantan
Juara III Kategori Sapi PO Betina
Juara III Kategori Kambing Peranakan Etawa Betina
Harapan I Kerbau Jantan
Harapan II Kerbau Betina
Semoga dengan prestasi yang telah diperoleh Kabupaten Lima Puluh Kota bersama peternak dan Pengolah Hasil Peternakan dapat meningkatkan motivasi bagi peternak untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tenak dan hasil olahan peternakan (seperti Kefir, Ice Cream, Yogurt, Rendang Runtiah, Rendang Telur dan sebagainya) di Kabupaten Lima Puluh Kota.
Mengingat Kabupaten Lima Puluh Kota adalah daerah sentra peternakan yang selama ini telah mensuplay ternak, telur dan produk olahan ke daerah tetangga (Riau, Jambi, Bengkulu) bahkan sampai ke Pulau Jawa dan Malaysia. Untuk itu ajang ini agar bermanfaat sebagai ajang promosi, motivasi dan prestasi serta peluang usaha yang menjanjikan bagi masyarakat khususnya peternakan di Kabupaten Lima Puluh Kota.