Breaking News

BAPPEDA Padang Panjang Siap Membangun Kota Kedepannya

Betrans, Padang Panjang ~ Berbagai keberhasilan yang telah banyak di torehkan Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Kota Padang Panjang.

Dimulai dari Koordinasi Pelaksanaan Percepatan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (P3MK) hingga E-Planning yang sudah jalan sampai saat ini.

Walikota Padang Panjang Hendri Arnis, BSBA melalui Kepala BAPPEDA Sonny Budaya Putra, AP, M.Si mengatakan, sejak tahun 2015 Pemerintah Kota Padang Panjang telah mengalokasikan anggaran khusus di Kelurahan untuk melaksanakan kegiatan P3MK yang diatur alam Peraturan Walikota Padang Panjang Nomor 20 Tahun 2015.

Lebih lanjut dikatakan, di awal pelaksanaan P3MK tahun 2015 lalu cuma dua kelurahan yang menjadi pilot project yaitu Kelurahan Silaiang Bawah dan Kelurahan Gantiang, namun hingga saat ini sudah seluruh kelurahan yang melaksanakan kegiatan P3MK ini.

“Kegiatan P3Mk ini telah banyak kami lakukan diantaranya melakukan rapat-rapat koordinasi dengan Lurah, Camat, dan OPD terkait, nah untuk tahun 2018 ini kegiatan pembinaan dan evaluasi P3MK akan kami libatkan unsur kepolisian dan kejaksaan,” terang Sonny.

Disamping itu Sonny juga menjelaskan mengenai Aplikasi E-Planning yang telah dilaunching akhir tahun 2017 lalu. Aplikasi E-Planning ini dipakai karena kebutuhan daerah untuk menjawab berbagai tantangan dan permasalahan dalam upaya mewujudkan sistem pemerintahan yang bersih dan akuntabel.

“Dengan E-Planning kita akan berusaha meningkatkan transparansi dan keterbukaan akses masyarakat untuk mendapatkan informasi perencanaan pembangunan daerah,” ujar Sonny.

Melalui E-Planning ini masyarakat nantinya dapat menyampaikan usulan kegiatan berdasarkan hasil Musrenbang RT, Kelurahan maupun Kecamatan dengan situs eplanning.padangpanjang.go.id.

“Kemarin kita telah memakai Aplikasi E-Planning pada saat pelaksanaan Musrenbang RT, dan Alhamdulillah lancar, hasil musyawarah ini jelas, transparan dan apa yang menjadi skala prioritas yang diusulkan oleh masyarakat dapat dilihat langsung oleh mereka,” terang Sonny.

Dengan adanya Aplikasi E-Planning ini diharapkan agar terwujudnya transparasi dan akuntabilitas usulan masyarakat, konsistensi perencanaan pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan serta dapat mendorong masyarakat untuk dapat bergerak bersama dalam menyampaikan aspirasinya dan tumbuhnya rasa memiliki bagi masyarakat terhadap hasil pembangunan, Sonny menyudahi. (ki)
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi