Kedua Kalinya Padang Panjang Terima Bantuan Mobil Puskel

Betrans, Padang Panjang - Untuk yang kedua kalinya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang menerima bantuan Mobil Perpustakaan Keliling dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fadli Zon, Anggota Komisi IX DPR RI Syuir Syam dan Kepala Perpustakaan Nasional yang diwakili Deputi II Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional Dra. Worotiti Suryanti, MA, Walikota Padang Panjang Hendri Arnis, BSBA Kepala OPD se-Kota Padang Panjang dan undangan lainnya menghadiri acara penyerahan mobil perpustakaan keliling oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Hall Balaikota lantai III, Jum'at (2/2).

Dalam sambutannya Fadli Zon mengatakan perpustakaan tidak hanya tempat untuk membaca apalagi gudang buku, tetapi menjadikan tempat yang nyaman dalam membaca dan juga sebagai hiburan, dalam artian ada kegiatan seni yang direkrut oleh anggota penggerak literasi.

"Saya sangat bangga dengan Dinas Perpustakaan karena berkat kegigihannya dalam merangkul masyarakat untuk giat membaca, semoga ini akan terus berkelanjutan untuk kedepannya lebih baik lagi", ujar Fadli.

Seperti kutipan dari pernyataan M.Hatta "Aku rela dipenjara asalkan dengan buku, karena dengan buku aku bebas", kitipan ini menggambarkan peran buku yang sangat penting, karena buku dapat membentuk watak bangsa.

Harapannya semoga mobil puskel ini bisa lebih banyak lagi dikunjungi oleh pelajar serta masyarakat dan selalu dinanti kedatangannya oleh masyarakat, harap Fadli.

Pada kesempatan yang sama Anggota Komisi IX DPR RI Dr.H Syuir Syam M.kes MMR menambahkan ilmu itu ada dengan banyak membaca, karena dengan membaca pengetahuan akan bertambah.

" Manfaatkanlah perpustakaan ini dengan baik karena ilmu ada didalam buku, setiap ada waktu gunakanlah untuk membaca", Syuir Syam menyudahi.

Lain lagi dengan Worotiti Suryanti mengutarakan kegiatan ini merupakan upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas SDM untuk mewujudkan masyarakat cerdas dan sejahtera melalui pemberdayaan perpustakaan.

"Semoga mobil puskel ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan lebih mendekatkan informasi ke masyarakat", tutur Worotiti.

Seperti diketahui bahwasanya perpustakaan itu merupakan wadah yang sangat besar dalam mencari ilmu dan mendapatkan pengetahuan. Dilihat dari kebanyakan masyarakat yang tidak sempat mengunjungi perpustakaan dengan adanya mobil puskel ini masyarakat akan bisa mendapatkan pengetahun- pengetahuan dan meningkatkan taraf kehidupan.

Senada dengan itu Walikota Hendri Arnis menyampaikan sebuah kebanggan bagi Kota Padang Panjang yang mendapatkan bantuan hibah dari Perpustakaan Nasional dari lima daerah yang ada di Sumbar.

"Kami sangat berterima kasih kepada perpustakaan nasional yang telah memberikan kepercayaan untuk Padang Panjang serta berkat kerjasama juga dari dinas - dinas dan anggota penggerak literasi yang telah membantu untuk menumbuhkan minat baca bagi pelajar dan masyarakat", kata Hendri Arnis.

Mari kita manfaatkan mobil keliling ini, jangan jadikan alat yang mubazir, tapi jadikan sebagai alat yang bermanfaat.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Alvi Sena, ST, MT mengutarakan Berkat kegigihan dan semangat serta kerja sama dari penggerak literasi demi meningkatkan minat baca masyarakat, Padang Panjang diberikan kepercayaan lagi dari pemerintah.

"Alhamdulillah kita diberikan lagi kepercayaan oleh Pemerintah pusat, mudahan dengan bertambahnya armada puskel ini kita lebih dapat menjangkau seluruh sudut Padang Panjang untuk mengajak masyarakat dan pelajar agar bisa menumbuhkan minat baca mereka", ungkap Alvi Sena.

Sebanyak 180 titik jangkauan yang harus dicapai Dinas Perpustakaan demi mengajak masyarakat untuk gemar membaca, dengan adanya dua armada puskel semoga tujuan menggiatkan masyarakat untuk gemar membaca bisa lebih meningkat. (ki/rel)